Sebelumnya Ikuti Syarat dan Ketentuan Dulu Sebelum Dapat Motor Listrik Sporty

Dikenal gemar memodifikasi kendaraan bergaya retro, kali ini Youtuber Otomotif Alitt Susanto menggarap project modifikasi Motor Listrik. Project tersebut merupakan konversi motor berbahan bakar bensin ke tenaga listrik yang dikerjakan secara full custom oleh Atenx “Katros Garage”. Menariknya, gaya modifikasi motor listrik mengusung tema futuristik.

Kabar tersebut semakin menguat setelah Youtuber cum Penulis yang akrab dengan kustom kultur lokal tersebut menampilkan desain teknis kendaraan di kanal Youtube pribadinya. Secara perlahan Alitt membongkar paket berisi motor matic Honda Beat generasi awal berkapasitas mesin 108 cc. Selain itu, ia menunjukan baterai lithium-ion untuk dipasangkan mengganti mesin bawaan.

Foto: Youtube Channel Alitt Susanto

Sepanjang tayangan video, Alit berdiskusi dengan Atenx terkait gaya modifikasi yang paling relevan.  Nantinya karya modifikasi tersebut akan diimbuhi dengan karakter khas Katros Garage, tentunya berbeda dengan unit motor listrik yang sudah beredar di pasaran. Terutama akan diimbuhi seperangkat komponen custom, dari mulai suspensi depan-belakang, hingga bodi. Terlebih untuk mendudukan drive train atau motor penggerak, komponen mesin, bodi dan sejumlah part bawaan bakal diganti. Sedangkan komponen yang akan dipertahankan yaitu frame standar atau sasis utama.

Keduanya sepakat akan memodifikasi motor listrik yang dinamai “e-Beat” tersebut diklaim punya desain lebih sporty dengan imbuhan custom culture. Akan tetapi, tampilannya lebih agresif. Motor listrik ini akan difokuskan pada tampilan kaki-kaki menggunakan arm Banana agar terlihat lebih kekar,  jenis arm tersebut kompatibel untuk dipasangi velg dan ban berukuran besar seperti motor custom yang biasa di garap rumah modifikasi asal Jakarta tersebut.

Foto: Youtube Channel Alitt Susanto

Secara teknis, desain e-Beat akan dibekali baterai Mossel berkapasitas 60 Volt  20 Ampere dari basis baterai bawaan 18650 mAh. Bedanya, motor bertenaga baterai punya tarikan lebih responsif, untuk batere 3000 watt diklaim mampu menempuh jarak 90 hingga 100 Km. Selain itu, usia pemakaian diklaim mencapai lima hingga enam tahun.

Sedangkan untuk pengisian daya, 20 Ampere tersebut memakan waktu hingga 4,5 jam. Fitur Autocut yang terdapat dalam sistem pengisian tersebut memungkinkan proses pengisian baterai otomatis berhenti ketika sudah penuh terisi.

Foto: Youtube Channel Alitt Susanto

Modifikasi motor listrik e-Beat sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mulai memproduksi kendaraan listrik secara massal. Poin tersebut dituangkan dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Perpres ini menandakan kebangkitan Indonesia untuk menjadi produsen kendaraan listrik. Selain itu, pemerintah mulai mengolah para  stakeholder dan kesiapan cadangan bahan baku pembuatan baterai dan persiapan membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

Di akhir video, Alit mengajak para netizen dan penggemar otomotif terus pantau postingan Instagram @shitlicious, @katrosgarage, dan @indonesiamodificationexpo. Jangan lupa, tonton terus video di kanal Youtube Alitt Susanto.

Foto: Youtube Channel Alitt Susanto

Ayo, bagi kalian yang ingin mendapatkan Motor Listrik Custom dari Katros Garage bisa terus pantau akun sosial media di atas. Ikuti juga syarat dan ketentuannya ya? Semakin membuka kesempatan untuk menang