Peluncuran Toyota GR Yaris dikonsepkan jadi unit kendaraan homologasi reli. Selain ubahan mesin signifikan yang dibesut oleh Toyota Gazoo Racing World Rally Team. Pengembangan unit eksklusif Yaris ini menghadirkan kenyamanan berkendara di semua medan. Hadir dengan tiga varian berbeda, diantaranya RZ untuk pasar Jepang, yRS untuk harian dan varian RC khusus untuk menjajal kompetisi.

Unit kendaraan hatchback dalam versi terbaru ini direspon langsung oleh rumah modifikasi Hasegawa Kitagawa Sigma (HKS). Tuner yang identik dengan deretan mobil spek kompetisi. Postingan tersebut beredar usai unggahan sosial media @hks_japan menyita perhatian para petrolheads.

Dalam keterangan foto tertulis, “HKS 2021 Concept, “proyek baru akan datang, sesuatu akan bermula”. Mobil konsep berbasis GR Yaris rencananya  diluncurkan pada 2021 mendatang. Bagi HKS, meningkatkan tampilan mobil hingga performa bukanlah hal baru. Terlebih reputasi di ajang kejuaraan motorsport melambungkan HKS jadi salah satu tuner yang patut diperhitungkan.

Meski tidak menjelaskan ubahan secara detail, akan tetapi tampilan GR Yaris kian agresif. Sekilas, ubahan yang dilakukan hampir sama dengan Body Kit hasil garapan Pandem dari Rocket Bunny yang juga beredar di sosial media belum lama ini. Seperti pengaplikasian over fender yang dihasilkan dari ubahan Body Kit Racing.

Dari depan, intercooler berukuran besar terlihat jelas. Serangkaian body kit diantaranya: bumper depan,grill, spoiler bonnet, empat buah bolt-on fender, dan empat buah side skirts. Sedangkan di bagian belakang, tampak spoiler cukup besar seperti mobil balap  pada umumnya. Bagian buritan juga diganti Diffuser lebih besar disertai Double Muffler di pojok kanan-kiri.

Foto: Ist @hks_japan

Tampilan eksterior ini digarap apik dengan ubahan kelir bodi berwarna hitam dan sejumlah side decals dan livery. Aksen hijau dan ungu bermotif tersebut menghiasi sejumlah bagian bodi mobil. Tampilannya kian menegaskan kalau GR Yaris garapan HKS siap menyaingi lawannya di lintasan balap.

Ubahan pada set-up kaki-kaki tampak kentara menggunakan velg Advan Racing R6 berukuran 20 inchi lengkap dengan sistem pengereman Big Brake Kit. Sedangkan di bagian interior tampak sebuah bucket seat menyembul di kokpit pengemudi.  Untuk menunjang sisi keselamatan pembalap, terpasang Full Rollbar yang mengelilingi ruang kabin.

Unggahan foto tersebut mengundang komentar para netizen yang didominasi petrolhead. Mereka memperdiksikan, kalau GR Yaris garapan HKS akan dipersiapkan untuk  ajang balap “Tsukuba Record Breaker” (TRB) di Jepang. Ada juga netizen yang berkelakar kalau, modifikasi HKS ini menyulitkan para petrolhead membela mana yang pantas diaplikasikan ke GR Yaris dibanding versi Pandem.

Foto: Ist @hks_japan

GR Yaris dikenalkan pada Juni lalu dibekali mesin bertenaga. Varian RZ High-performance First Edition punya mesin berkode tipe G16E-GTS 1.618 cc turbo direct injection 3 silinder DOHC. Mesin ini bisa menyemburkan  tenaga mencapai 200 kW dan torsi 370 Nm, yang disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan. Komposisi tersebut dimaksimalkan dengan sistem penggerak roda 4WD sports “GR-Four” yang baru dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang variabel yang diaktifkan oleh kopling multi-pelat.

Dari tampilan menggunakan material alumunium seperti kap, pintu belakang, dan panel pintu, bagian atas dari GR Yaris dilengkapi dengan panel atap plastik yang diperkuat serat karbon menggunakan metode compound moulding. Pemilihan material tersebut dapat mereduksi bobot kendaraan dan mendukung kinerja aerodinamis. Memberikan kontribusi performa saat sedang berakselerasi maksimal.