Gelaran Indonesia Modification Expo 2020 (IMX 2020) resmi dibuka secara virtual, Sabtu (10/10). Ekspo modifikasi dan industri aftermarket yang digelar secara virtual menyuguhkan beragam aktivasi menarik yang pantang untukk ditinggalkan. IMX 2020 kali ini mengusung tema #UnsealTheAge menandakan geliat industri modifikasi mampu bertahan di tengah keterbatasan masa Pandemi Covid-19.

Dalam menyiasati pandemi serta menyeimbangkan dengan kebutuhan di sektor otomotif, #UnsealTheAge dapat diartikan juga sebagai terobosan spektakuler sebagai Automotive platform hybrid pertama. Menghadirkan event dalam performance show yang dapat ditonton jutaan orang di seluruh Indonesia melalui daring.

“IMX 2020 #UnsealTheAge merupakan strategi untuk tetap dapat mendukung industri otomotif baik dari sisi marketing maupun sales dengan menggelar event berkelas. Sehingga harapannya dapat menjadi salah satu kegiatan penopang industri otomotif Indonesia untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini,”bilang Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Andre melanjutkan, gelaran spektakuler IMX diharapkan menjadi stimultan para pengunjung yang didominasi modifikator dan petrolhead.

“Dalam empat jam ke depan, para pengunjung/penonton juga bisa menyaksikan tata panggung, digital imaging, sampai multimedia show spektakuler. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pengunjung yang sudah menyaksikan sajian IMX dan mendukung industri modifikasi dalam negeri,” bilang Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Ekspo Modifikasi dan Produk Aftermarket Nasional yang digagas oleh National Modification & Aftermarket Association (NMAA) hanya berlangsung selama empat jam saja, yaitu pukul 13.00 hingga17.00. IMX 2020 secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia,Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam sambutannya, beliau memberikan support yang tinggi untuk industri otomotif dan modifikasi lokal. Karena sektor ini dinilai dapat menyelamatkan sektor perekonomian Indonesia seraya menghadirkan kreativitasa anak bangsa.

“IMX adalah pameran otomotif satu-satunya yang diselenggarakan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menggabungkan online dan offline event (hybrid). Konsep seperti IMX ini bisa menjadi inspirasi bagi penyelenggaraan pameran lainnya di Indonesia. Sejalan dengan perkembangan industri kendaraan bermotor, sektor modifikasi juga mengalami perkembangan sangat positif. Indikator munculnya expo seperti IMX yang memicu perkembangan produk-produk dan bengkel modifikasi. Membuktikan bahwa modifikator Indonesia tidak kalah. Selamat atas terselenggaranya IMX 2020, saya meyakini acara ini dapat terus berkembang dan menjadi sarana untuk menunjukkan state of the art kreativitas dan kemampuan anak bangsa. Kami Kemenperin RI akan selalu mendukung,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam sambutannya untuk pembukaan IMX 2020.

IMX 2020 secara resmi dibuka oleh orang nomor satu di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI), Bambang Soesatyo. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa pak Bamsoet itu tidak menyangka gelaran virtual tetap berlangsung. “Meski kondisi saat ini kita harus menerapkan protokol kesehatan pemerintah, tapi bukan alasan tetap berkreasi menciptakan karya,” tutur Bamsoet.

Menilik pada geliat industri modifikasi nasional yang mampu menghadirkan kreatifitas para pelaku di dalamnya harus mampu beradaptasi. Pak Bamsoet mengklaim  konsep IMX tiap tahun selalu menghadirkan karya terbaru. Apalagi, poin umum SKKNI berusaha meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) . Bamsoet juga mengaku bangga denga karya modifikasi eks Taksi dan skuter listrik yang dianggap unik.

“Tahun ketiga ini memang spesial, para pegiat industri otomotif punya strategi dan taktis sendiri menyiasati kondisi yang berbeda seperti biasanya. Semua kegiatan beralih mengandalkan media digital berbagai pendukung acara bisa tampil secara langsung di event, sedangkan pengunjung menyaksikan melalui gadget.

Ketua MPR RI ke-20 yang notabene pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga menyoroti terkait perputaran uang di segmen usah bisnis modifikasi otomotif mencapai angka menjanjikan, apalagi di tengah kondisi Pandemi. “Segmen otomotif termasuk yang mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia dari keterpurukan imbas Pandemi saat ini,” tutup Bamsoet.

Selain menandakan geliat industri modifikasi dan aftermarket yang mampu menyinkronisasi acara dari event offline ke online. Karenanya, IMX 2020 masih menawarkan euphoria yang sama seperti di tahun pertama dan kedua. Misalnya SKKNI Modifikator, AMMDES Digimodz #2, Gelis Tuner Competition, Live Modz yang tak kalah menarik dari event sebelumnya. Juga Digital Market yang akan menghadirkan beragam produk otomotif dan perilisan produk terbaru dari exclusive realease.