NMAA News – Di tengah badai dan kondisi pandemi yang cukup menantang di sepanjang 2020, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mencatat total penjualan ritel 182.665 unit dengan market share di level sama seperti 2019 yaitu sekitar 31%. Pencapaian ini menjadikan Toyota menempati posisi market leader sekaligus membuktikan komitmen menjadi partner mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia.
“Meskipun situasi 2020 cukup menantang, kami berkomitmen tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya menghadirkan lineup kendaraan lengkap, tapi juga berbagai layanan. Kami bersyukur upaya kami mendukung mobilitas mendapat sambutan baik pelanggan dan masyarakat luas. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Ke depan, kami akan berupaya menciptakan mobility happiness for all,” kata President Director PT. Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.
Sebelum pandemi mewabah di Indonesia, Toyota membukukan penjualan ritel 66.599 unit di kuartal pertama (Q1) 2020. Sejalan mulai mewabahnya pandemi, di kuartal kedua (Q2) penjualan ritel Toyota mengalami penurunan cukup signifikan menjadi 26.366 unit, atau 60,4% lebih rendah dari angka di kuartal pertama (Q1).
Selain 13 produk terbaru, penjualan ritel Toyota berangsur membaik berkat program inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di tengah pandemi Covid-19 seperti Toyota Spektakuler dan Deal Cermat, termasuk yang berbasis digital seperti Toyota Chatbot, mToyota, Halobeng, Toyota Virtual Expo, hingga cara baru bermobilitas, KINTO.
Di kuartal ketiga (Q3) Toyota mampu bangkit dengan membukukan penjualan ritel 35.111 unit, atau naik 33,2% dibandingkan kuartal kedua (Q2). Bahkan di kuartal keempat (Q4), penjualan ritel Toyota meningkat signifikan menjadi 54.589 unit, atau 55,5% lebih tinggi dari kuartal ketiga (Q3).
Secara keseluruhan, penjualan ritel Toyota ditopang segmen MPV dengan total penjualan 105.274 unit atau memberi kontribusi 57,6%. Di tengah penurunan di segmen Low MPV, Avanza-Veloz berhasil mendongkrak dengan membukukan 40.728 unit yang secara komposisi berkontribusi 38,7% di segmen MPV Toyota. Sementara Kijang Innova turut menopang segmen MPV Toyota dengan kontribusi 28,5% atau 29.952 unit sepanjang 2020.
Kontributor penjualan ritel Toyota terbesar kedua sepanjang kurun waktu 2020 adalah segmen SUV dengan penjualan 47.995 unit atau berkontribusi 26,8% dari total penjualan ritel Toyota. Toyota Rush yang berada di segmen Medium MPV menjadi kontributor terbesar di segmen SUV Toyota dengan mencatat angka penjualan ritel 34.528 unit atau 71,9% dari segmen SUV Toyota.
Mirip di segmen kendaraan penumpang, produk komersial juga turut terdampak dengan mewabahnya pandemi khususnya di kuartal kedua (Q2). Di mana total penjualan ritel turun 45%. Secara bertahap, penjualan ritel produk komersial Toyota berangsur membaik, di mana pada kuartal ketiga (Q3) mulai naik 16% dari kuartal kedua (Q2). Bahkan di kuartal keempat (Q4), kembali mengalami kenaikan 62% dibandingkan kuartal ketiga (Q3).