Retrim Setir kemudi Tanpa Korbankan Airbag, Segini Harganya

NMAA News – Modifikasi di ruang  interior mobil biasanya tidak cukup hanya mengganti kain jok dengan material kulit asli atau sintetis. Meningkatkan tampilan interior sesuai selera juga bisa dilakukan seperti melapis ulang (retrim) setir kemudi. Apalagi sebagian orang meyakini kalau bagian ini kerap berpotensi menyimpan kuman dan bakteri. Sehingga digantikan dengan lapisan baru dan tingkatkan kenyamanan.
Modalnya, ubahan model dan material bahan pelapisnya sudah cukup meningkatkan tampilan kokpit kemudi. Owner Spesialis Interior Vertue Concept, Edy mengatakan, retrim setir hanya dilakukan untuk bagian lingkar kemudi.
“Biasanya hanya lingkar setir yang akan di-retrim. Kita tidak membungkus bagian yang terdapat airbag, karena dampaknya bisa fatal,” ujar Edy.

Foto: redlininggoods.com

Terpenting seluruh fitur harus berfungsi dengan baik, apalagi menyangkut keselamatan pengemudi. Selama pengerjaan secara plug and play masih bisa dilakukan.

Vertue Concept punya trik khusus agar pengerjaan retrim setir bisa sesuai keinginan pelanggan tanpa mengorbankan atau mengurangi fungsi perangkat keselamatan (airbag). Apalagi terpasang di sejumlah bagian interior.

“Terlebih dulu kita kenali titik airbag interior mobil tertentu ada di mana, terus perlahan pengerjaan dilakukan. Langkah ini harus dikerjakan teknisi andal, karena intinya ada di proses bongkar-pasang,” terang Edy.

Foto: freepik

Pemilihan model bisa dipilih secara custom misalnya dari pola jahitan atau material bahan seperti kulit dan semi kulit ditawarkan. Ataupun dibuat menyerupai tampilan orisinilnya. “Proses instalasi tersebut memakan waktu biasanya selama 2 sampai 5 hari,”lanjut Edy.
Adapun biaya untuk satu kali retrim lingkar setir dibanderol mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 3,5 juta. Harga ini tergantung dari jenis bahan dan kerumitan saat pemasangan setir. Berminat?
Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles