Simak, Pameran Modifikasi Otomotif Tingkat Dunia Ini Layak Anda Kunjungi

NMAA News – Sejarah pameran otomotif sejatinya bergeser seiring zaman. Jika dulu yang dipamerkan adalah mobil-mobil model baru yang siap dijual, namun saat ini fungsinya semakin meluas. Pameran otomotif bisa menjadi ajang pengenalan inovasi produk terbaru/konsep, komponen suku cadang dan aksesori/modifikasi yang sekaligus menjadi atraksi bagi pengunjung. Pameran-pameran tersebut pada akhirnya ikut menentukan proyeksi tren industri otomotif yang sedang digandrungi.

SEMA Show

Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show merupakan pameran modifikasi tahunan terbesar di dunia yang berlangsung di Amerika Serikat. Dimulai sejak 1967, pada awalnya dinamakan Speed Equipment Manufacturing Association atau sesuai nama asosiasi penyelenggaranya. Namun, karena kekhawatiran  tentang regulasi pemerintah dan untuk membesarkan pangsa pasar modifikasi/aftermarket, maka nama tersebut diubah menjadi  Specialty Equipment Market Association.

Acara pertama diadakan di ruang bawah tanah Stadion Dodger di Los Angeles yang dipadati 3.000 orang pengunjung. Pada 1974 acara pindah ke Anaheim Convention Center untuk mengakomodasi lebih banyak peserta dan tenant booth. SEMA Show kemudian berpindah lokasi lagi  ke Las Vegas Convention Center pada 1977 sampai saat ini. Secara agenda, SEMA Show biasa dihelat pada November tiap tahun.

Tokyo Auto Salon & Osaka Auto Messe

Car culture Jepang selalu menarik di mata pecinta otomotif seluruh dunia. Dari ranah modifikasi, ada dua pameran yang selalu dinanti, yaitu Tokyo Auto Salon (TAS) dan Osaka Auto Messe (OAM) yang disupervisi Nippon Auto Parts And Aftermarket Committee (NAPAC) atau asosiasi modifikasi Jepang yang sudah menginjak umur 70 tahun.

Foto: www.tokyoautosalon.jp

Kedua pameran modifikasi tersebut memiliki singgungan pangsa pasar berbeda, termasuk dalam penyajian tema. Jika TAS lebih ke tempat diluncurkannya produk aftermarket terbaru para tenant, OAM lebih ke event yang mengumpulkan komunitas otomotif, dalam balutan pameran modifikasi. Sesuai namanya, TAS selalu diadakan di kota Tokyo pada Januari, sementara OAM di Osaka pada Februari setiap tahunnya.

Osaka Automesse sudah menjadi lokasi tujuan tim Great Of Indonesia dalam mengenalkan produk-produk lokal ke mancanegara dalam 2 tahun belakangan | Foto: NMAA

 

Essen Motor Show

Dari belahan benua Eropa terdapat event pameran otomotif Essen Motor Show yang selalu diadakan di kota Essen, Jerman. Sama halnya SEMA Show atau TAS/OAM, di Essen Motor Show ditampilkan beragam produk aftermarket yang kebanyakan diisi oleh merek-merek dari Jerman dan Eropa.

Menariknya, Essen Motor Show juga menampilkan mobil-mobil racikan in-house tuner pabrikan mobil sebagai salah satu main focus-nya. Selain itu restorasi mobil-mobil tua dan klasik juga mendapat tempat besar pada pameran ini. Penyelenggaraan tahun 2019 lalu (30 November-8 desember) merupakan ke-52 kalinya event tahunan ini diselenggarakan.

AMPA

Pameran otomotif dan suku cadang asal Taiwan, AMPA merupakan gabungan dari beberapa pameran yang fokus di industri otomotif seperti Taipei Auto Parts & Accessories Show (Taipei AMPA), Taipei Automobile Electronics Show, Taiwan International Intellegnet Transportation Show, The Taiwan International Motorcycle Industry Show, dan Taiwan International Car Tuning & Car Care Show.

Diselenggarakan Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA), bersama Asosiasi Transportasi MFRS Kendaraan Taiwan (TTVMA), Taipei, AMPA sudah diselenggarakan ke-36 kalinya. Artinya produk otomotif Taiwan sangat berkembang dan diminati khalayak luas. Di setiap penyelenggaraan, AMPA selalu diikuti ribuan produsen komponen yang datang dari lokal Taiwan maupun luar negeri.

Indonesia Modification Expo

Indonesia Modification Expo (IMX) merupakan satu-satunya ekspo otomotif berskala nasional yang sudah berlangsung hingga tahun ketiga, sejak dimulai pada 2018. Ajang IMX mewadahi beberapa terobosan konten menarik serta menyediakan platform belanja berbagai produk aftermarket terbaik dengan harga spesial.

Pada 2020 lalu, agar dapat menggelar event modifikasi di tengah Pandemi Covid-19, IMX 2020 digelar secara hybrid. Memanfaatkan platform virtual yang bisa ditonton menggunakan perangkat gawai | Foto: IMX 2020

Pada penyelenggaraan 2020 lalu, IMX 2020 dilakukan secara virtual karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia. IMX 2020 virtual ini mampu mencatat jumlah tiket terjual sebanyak 33 ribu, sedangkan jumlah penonton yang check in 27.658 ribu orang. Jumlah tersebut berasal dari penonton lintas daerah. Dari mulai 69 kota di Indonesia, hingga penonton/pengunjung yang berasal dari Amerika, Belanda, dan Jepang.

Foto: IMX 2020

Raihan tersebut semakin mengukuhkan IMX sebagai salah satu pelopor pameran modifikasi otomotif terbesar di Indonesia. Beragam program di IMX 2020 virtual di antaranya perilisan produk Body Kit bertitel Exclusive Realease dari  KARMA Cayman 98,7, Body Kit Project J, Modifikasi Suzuki XL7, dan Livemodz “No Guts No Glory”.

Beragam produk aftermarket terbaik juga ditawarkan dengan harga menarik melalui platform belanja online, Shopee dengan program IMX Digital Market.

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles