Suzuki Jimny SJ410 LWB Pilih Tetap Orisinal Berpadu Kearifan Lokal

Sejak diluncurkan pada 1987 Suzuki Jimny SJ410 Long Wheel Base (LWB), pabrikan Suzuki saat itu menyematkan versi 4×2 Jimny menjadi Katana. Banyak digunakan untuk kendaraan operasional pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam melayani nasabah di daerah pelosok. Tak heran kalau mobil SUV yang jadi buruan kolektor jip ini disebut Jimny atau Katana eks BRI.

Di tangan Decky Sastra, punggawa Rawtype Riot, Jimny eks BRI lansiran 1990 seolah bertemu dengan juru selamatnya. Penampilannya pun dipertahankan ke wujud aslinya dengan langkah restorasi dibanding memilih modifikasi bergaya off-road pada umumnya.

Foto: Ist@deckysastra

“Pokoknya saya ingin menunjukan mobil 4×2 ini berani unjuk gigi, enggak harus ambil tema 4×4 buat bikin tampilannya keren,” buka Decky kepada NMAA Media, Kamis (21/1/2021).

Mobil ini punya wheelbase 2.375 mm dan panjang dimensi kendaraan mencapai 3.890 mm. Sektor kaki-kakinya hanya dioptimalkan kembali dengan proses reparasi per daun model soft type.

“Paling kita ganti peleknya pakai CJ7 Military ring 15 lengkap dengan center dop milik FJ40, sedangkan ban pakai punya Jimny terbaru besutan Dunlop,” ungkapnya.

Foto: Ist@deckysastra

Sebelumnya Decky justru dikenal dengan kegemarannya merestorasi koleksi motor lawasnya, tapi ketertarikannya muncul ketika melirik Jimny LWB. Seiring waktu, ia memilih konsep JDM style dengan karakter simpel namun tetap menawan.

“Mobilnya sendiri saya dapat di Bandung, kalau dilihat dari pelat nomor ini letter Z asalnya diperkirakan dari  kantor dinas di Tasik atau Pangandaran,” papar Decky.

Foto: Ist@deckysastra

Selama proses restorasi, Decky mengaku pernah mengalami ketidakcocokan dengan bengkel sebelumnya. Alhasil empat lekukan bodi tidak presisi dan fender bawaannya dihapus. “Jadinya kita masuk bengkel cat dua kali, sampai akhirnya pengerjaan eksterior, interior sama mesin digarap oleh detailclub,” terang Decky sembari mengingat kejadian tersebut.

Tampilan eksteriornya kini berkelir hitam, berbeda dari warna kelir putih bawaannya. Beberapa lekukan bodi kembali dipertegas untuk memenuhi obsesi JDM Style berbalut kearifan lokal.

“ Proses pengerjaan bodi awalnya kita ratain fender samping jadi biar kaya Jimny JDM. Lanjut bumper depan sama belakang dicat ulang pakai warna silver, terakhir kita ganti dengan grill bawaan Katana dan penambahan decal sticker,”urai pria yang menggeluti bidang desain grafis ini.

Foto: Ist@deckysastra

Melongok ke ruang interior, tampilannya masih lestari. Tapi, bukan hal mudah mengembalikan wujudnya kembali. Decky menyebut kalau dasbor dan jok memang masih bisa menggunakan versi aslinya.

“Nah, karena mau tetap ori interior ini cukup PR sih karena partnya jarang sekali. Beberapa mesti diganti, mulai dari door panel, plafon, dan karpet,” imbuh Decky.

Foto: Ist@deckysastra

Terakhir, supaya sektor mesin tetap prima pastinya akan banyak hal yang mesti dikorbankan. Tanpa ragu, Decky masih mengandalkan pengapian dari platina.

Bisa dipastikan kalau Jimny LWB ini masih tertanam jantung mekanis dari mesin 4 silinder SOHC 970 cc dengan kode F10A dibalik kap mesinnya. Konfigurasi tersebut mampu menyemburkan tenaga 52 dk/5.000 rpm.

“Mesin masih sama kayak aslinya, paling minggu depan saya mau pasang AC sama power steering supaya bisa nyaman dipakai harian,” tandasnya.

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles