Tren Pelek Kaleng, Menyasar Gaya Modifikasi ALTO hingga OEM Look

NMAA News – Tren penggunaan pelek kaleng untuk menyasar gaya modifikasi All Terrain Offroad (ALTO) kian digemari para auto-enthusiast. Selain masih mengandalkan ubahan minor, penambahan aksesoris bergaya bisa dilakukan dengan pemasangan secara ‘plug n play’.

Salah satunya, aplikasi pelek kaleng orisinal yang merupakan copotan berbagai mobil. Chris Zibek, punggawa rumah modifikasi ZC Distromotive menyediakan deretan pelek kaleng dengan model berbeda di bengkelnya, Jalan Burangrang No. 43, Bandung.

“Pelek kaleng ini muncul jadi tren lagi jadi opsi alternatif modifikasi kaki-kaki, karena generasi sekarang dilematis. Bosan dengan pelek replika dari Taiwan, tapi pelek ori Jepang harganya melambung tinggi,” buka Zibekk.

Foto: Ist @zcdistromotiveMisalnya pelek kaleng untuk MPV Toyota Innova Atau Mitsubishi Pajero ring 17 dengan PCD 5×114 atau 6×139. Pelek tersebut biasanya copotan mobil SUV.

“Kalau kelas pemula itu lebih memilih pakai velg copotan Daihatsu Taruna, Toyota Rush, atau Mercedes Benz dengan ring 15. Sedangkan kelas premium berani pakai velg impor langka mobil CBU Jepang atau Eropa macam RAV4, Jimny JDM, Toyota Ist, Honda Fit, atau Honda odyssey,” urai Zibekk.

Sebagai pemanis center hole, penambahan dop berbahan fiber bisa disematkan. Meski tidak wajib, tapi dop di bagian ini menambah kesan tampilan pelek jadi lebih lengkap dan rapi jali.

Foto: Ist @zcdistromotive

 

Tidak hanya SUV dan MPV, kendaraan jenis sedan juga bisa didandani pakai pelek kaleng jika ingin menyasar OEM look. Modifikasi juga bisa menjamah komponen lain asalkan muncul keselarasan. “Kita selalu menyesuaikan dengan tema modifikasinya, keselarasan di mobilnya, fitment ban, dan fitment sokbreker, serta aksesoris penunjang lainya yang bisa merubah penampilan menjadi ZCD OEM style,” kekehnya.

Oiya, selain menawarkan pelek bekas siap jual, ZCD juga menawarkan jasa reparasi pelek kaleng seperti peyang dan kelir ulang. “Tapi kita juga tawarkan pelek yang sudah di-balance ulang,  repaint, atau yang lebih rumit itu dibuat krom lip,” imbuh Zibekk.

Adapun harga satu set pelek kaleng lengkap dengan warna baru dan variasi dop antara mulai dari ring 14 seharga Rp 1jt hingga Rp 2 jt, ring 15 seharga Rp 2 jt hingga Rp 3,5 jt. Sedangkan untuk  ring 16 dibanderol mulai Rp 2 hingga Rp 4 juta dan  velg 17 seharga  Rp 2 hingga Rp 5 jt.

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles