Divisi Performa Honda Ungkap Mesin 4 Silinder Type R Terbaru Bertenaga 306 DK

NMAA News – Honda memiliki varian mesin yang paling banyak dicari. Mesin tersebut dikenal dengan seri K engine dengan konfigurasi N/A. Di Indonesia mesin satu ini banyak diandalkan di ranah motorsport karena tenaga potensial dan bobotnya yang ringan.

Sebagai penerus dari generasi B series, mesin satu K pertama kali dibenamkan di unit kendaraan Honda Civic Type R khusus pasar Eropa.

Penerus mesin K saat ini kembali hadir sebagai lini produk baru crate engine untuk memuaskan para speed junkie. Dikutip dari laman superstreetonline.com, Honda Performance Development (HPD) melengkapi  lini produk mesin 4 silinder VTEC Turbo berkapasitas 2000 cc dengan seri K20CI yang dijual terpisah. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 306 dk pada 6500 RPM dan torsi 400 Nm pada 2.500-4.500 RPM.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Super Street (@superstreet)

HPD mengatakan, didasari atas tingginya minat  opsi swap engine sekarang ini, perilisan mesin K20CI merupakan upaya mengantisipasi penjuaan barang half cut di pasar loak, importir atau situs tertentu. Terlebih mesin milik Civic Type R FK8 ini ditawarkan dengan sejumlah pembaruan.

Sebetulnya, pada gelaran SEMA Show 2017, mesin K20CI sempat hadir di booth Honda. Bedanya, versi pembaruan kali ini dilengkapi dengan serangkaian part dalam crate engine. Seperti blok panjang tipe R, starter, alternator, turbo, intake dan sistem bahan bakar injeksi.

Foto: superstreetonline.com

Jadi, tinggal melengkapi dengan sejumlah perintilan penting seperti transmisi, kopling, flywheel, sistem bahan bakar beroktan rendah, intercooler, dan sistem pendingin.

Tentunya, konfigurasi mesin sesuai prospek modifikasi yang diinginkan. Diikuti dengan peningkatan pada sistem pembuangan dan saluran udara.  Sejumlah suku cadang pelengkapnya dapat dibeli melalui HPD atau salah satu vendor yang direkomendasikan mereka.

Foto: superstreetonline.com

Selain itu, mesin tersebut sebenarnya ditujukan untuk mengisi ruang mesin mobil balap amatir dengan basis mobil Honda atau Acura. Dalam hal ini, Honda mengingatkan mesin tersebut diperuntukan hanya untuk di lintasan balap.

Kabarnya pada SEMA 2017 lalu, mesin 2.000 cc 4 silinder VTEC Turbo berkode K20C1 ini dijual seharga 6.520 dollar AS atau sekitar 88 juta Rupiah. Di luar biaya Pengiriman. Sedangkan hingga saat ini belum disebutkan berapa peningkatan harga usai mendapat satu boks program peningkatan tersebut.

Adapun, mesin bertenaga dahsyat satu ini mulai dijual Mei dengan banderol Rp 95 juta hanya tersedia 93 unit saja.

Foto: superstreetonline.com

Detail Paket Peningkatan crate engine K20CI

Crate Engine Contents (available now)
K20C1 long block
Turbo
Intake
Direct Injection Fuel System
Starter
Alternator

Controls Package (available May 1st)
ECU developed and calibrated by HPD
Stand-alone engine harness with flying leads
Accelerator pedal
Clutch and brake switches
CAN data output

Related Articles

Stay Connected

21,596FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles