Inilah 5 Mobil Favorit untuk Bahan Modifikasi Seharga Rp 50 Jutaan

NMAA News – Modifikasi bekas dengan harga Rp 50 juta semakin variatif. Beragam pilihan tersebut di antaranya berjenis sedan dan SUV. Terlebih di tengah kondisi pandemic Covid-19 saat ini, sejumlah car enthusiast banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menggarap proyek modifikasi mobil mereka.

Mencari mobil bekas di bawah Rp 50 juta dengan kondisi prima juga menjadi tantangan. Pastikan tidak tergiur harga rendah dan perhatikan kondisi mobil bekas pilihan Anda. Tentunya, Anda juga perlu melihat riwayat mobil bekas seperti catatan kecelakaan atau masalah serius lainnya.

Nah, Berikut rangkuman pilihan mobil seharga Rp 50 juta yang dihimpun Tim NMAA TV lengkap dengan sejumlah keunggulannya:

BMW Seri 3 (E30)

Pertama kali hadir pada 1986 dalam versi 318i, E30 berbasis kendaraan CKD pertama BMW memiliki populasi cukup banyak hingga saat ini. Setidaknya, selama 10 tahun belakangan, mobil sedan satu ini kembali ditaksir banyak orang.

Selain menyuguhkan fitur unggulan, perawatannya juga tergolong mudah dengan aura mobil Eropa yang kuat. Desainnya tergolong ‘timeless’ dengan performa dan daya tahan mesinnya yang terkenal ‘bandel’.

Apalagi sejumlah ‘ramuan’ yang dianggap cocok dijejalkan pada mobil berpenggerak roda belakang satu ini di antaranya, pelek aftermarket BBS RS Mesh, dan menggunakan jubah Body Kit M-Technic. Selain itu, ketersediaan spare part-nya tergolong mudah, baik copotan maupun New Old Stock (NOS).

Toyota Starlet Kapsul (1990-1998)

Pertama kali yang membuat starlet Starlet “Kapsul” begitu menggoda calon konsumen, karena memiliki dua versi, yaitu mesin 1.000 cc dan 1.300 cc. Sedangkan untuk transmisinya tersedia manual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan.

Jumlah penjualan Toyota Starlet selama dipasarkan di Indonesia memang tak diketahui secara pasti. Tapi yang jelas mobil ini sangat populer. Buktinya keberadaan Toyota Starlet masih banyak ditemui di jalan raya. Selain itu, dianggap salah satu legenda Toyota 1990an yang kini banyak digunakan pesohor Tanah Air.

Honda Civic Nouva (EF)

Civic Nouva adalah pendahulu dari Honda Civic Estilo yang diproduksi pada 1988 hingga 1992. Dikenal dengan kode sasis SH3. Hatchback ini ukurannya kompak dan profilnya rendah yang membuatnya langsung terkesan sporty tanpa perlu diceperin. Ciri khas desain yang mengotak namun timeless dan sedap dipandang hingga kini. Padahal, umurnya sudah lebih dari 30-tahun.

Pada masa awal penjualannya, Honda Civic Nouva sangat laris di pasaran. Untuk mobil masa itu Honda Civic Nouva ini tergolong canggih dan mesin yang bertenaga lumayan besar. Oleh karena mesinnya yang hebat, akselerasi juga bisa secara cepat.

Tidak salah memang bila menyebut Civic Nouva atau EF ini sebagai versi hatchback dari Civic LX atau Grand Civic. Sebab keduanya memakai mesin yang sama, yaitu D15B2. Mesin dengan konfigurasi 4 Silinder segaris, SOHC 16 Katup 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan 92 dk pada 6.000 rpm dan torsi 119 Nm pada 4.500 rpm.

Suzuki Katana

Eksistensi Suzuki Katana tidak lepas hingga sekarang. Unit kendaraan yang merupakan downgrade dari Suzuki Jimny 4×4, walaupun bentuk dan modelnya sama tetapi Suzuki Katana kehilangan fitur 4WD yang ada pada Suzuki Jimny, tapi hal ini dimaklumi mengingat pada era 80 -90 an pemerintah menerapkan pajak yang lebih tinggi pada mobil mobil dengan penggerak 4WD, akhirnya dimunculkanlah Suzuki Katana dengan penggerak 2WD .

Suzuki Katana generasi pertama diluncurkan oleh Indomobil pada  tahun 1984, dengan spesifikasi body, interior dan mesin yang plek dengan Suzuki Super Jimny, ciri Suzuki Katana generasi pertama ini adalah atap trepes, lampu depan bundar,  transmisi 4 speed, dan belum ada tachometer di dashboard.

Untuk urusan mesin juga masih mengandalkan tipe F10A , yang bertenaga  maksimal 45 hp @5500 rpm dan torsi maksimal 73,5 nm @3000 rpm.

Toyota Great Corolla

Mobil sedan yang masih digemari hingga sekarang ini diproduksi sekitar tahun 1992 hingga 1997. Toyota Great Corolla dihadirkan PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan dua tipe, yaitu SE yang menggendong mesin 2E 1.300 cc dan SE-G dengan mesin 4A-FE 1.600 cc.

Meski sudah cukup tua, namun performanya bisa dibilang tak mengecewakan, mobil ini diklaim cukup awet dan saat ini justru paling dicari. Kelebihan lain dari unit satu ini yaitu ketersediaan sparepart yang berlimpah. Asiknya, Greco – sebutan akrab mobil ini- memiliki dua model transmisi, manual dan otomatis 4-speed.

Soal konsumsi bahan bakar, tak usah ragu, kendaraan yang kala itu menjadi pesaing serius Honda Civic ini dikenal irit meski performa bertenaga. Terlebih, di pasaran mobil sedan bekas Toyota Great Corolla dibanderol harga di bawah 50 jutaan. Bahkan bisa dipatok harga 40 jutaan tergantung tahun dan kondisinya.

Related Articles

Stay Connected

21,962FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles