Jap Wheel Cliniq: Spesialis Pijat Kaki-kaki Mobil di Bandung  

NMAA News – Ketika Tim NMAA Media menyambangi bengkel spesialis kaki-kaki (undercarriage) di Jalan Moh. Ramdan 88, Bandung, aktivitas bengkel terbilang sibuk. Tapi di antara para montir yang sedang memperbaiki sistem pengereman mobil, punggawa Jap Wheels Cliniq, Andri sedang bergelut dengan perbaikan airsus di salah satu mobil.

Sembari menggengam kunci pas, tampak berbincang-bincang dengan klien mengenai perbaikan yang harus segera diselesaikan. Terlebih sector kaki-kaki banyak disepelekan, padahal untuk menghasilkan handling yang baik, komponen ini amat berpengaruh.

“Mindset seperti ini yang masih sekarang jamak ditemui di kalangan pengguna mobil harian. Sejumlah perhitungan teknis dari pabrikan padahal sudah dipertimbangkan untuk kenyamanan dalam bermobilitas,” buka Andri kepada NMAA Media, Kamis (5/2/2021).

Foto: NMAA

Ketika diizinkan berbincang-bincang hangat di ruang kantornya, Ko Andri menyuguhkan cerita pengalaman selama menggeluti bidang kaki-kaki. Lantas, dia pertama menggeluti mobil bahkan selagi muda.

Karenanya, layanan yang ditawarkan tak jauh sekitaran komponen tersebut. Seperti spooring, sokbreker, per, chamber roda, tierod, long tierod, ball joint, drag link, swing arm, dan sejenisnya.

“Kalau sekarang sudah banyak ditinggalkan tuh yang ekstrem, kebutuhan orang mulai berubah beriringan dengan transisi tren itu sendiri. Acuannya, bagaimana kaki-kaki mobil bisa nyaman digunakan harian,” ungkapnya.

Foto: NMAA

Setelan kaki-kaki tak luput dari memerhatikan sejumlah komponen vital. Terdiri dari, cek kelistrikan dan  kompresor jika sudah menggunakan air suspension. Mengandalkan produk plug and play tanpa harus merubah sistem perkabelan.

Tiap jenis maupun pabrikan memiliki komposisi dan ‘sentuhan’ berbeda. Karenanya, Perubahan tren saat ini turut melengkapi pelayanan Jap Wheel Cliniq seperti pemasangan air suspension, coilover hingga sistem pengereman BBK.

“Kalau kita lihat ke 2006 saat Jap Wheels mulai berdiri, teknologi dulu yang lebih segmented seperti coilover sama airsuspension digunakan untuk keperluan khusus. Sekarang dipakai harian juga bisa, asalkan harus paham dulu pemeliharaannya, pemasangan tepat dan pahami kalau ubahan tersebut pasti berdampak,”ujar Ko Andri.

Foto: NMAA

Ketertarikan pada sector undercarriage banyak menorehkan prestasi yang menurutnya, kerja keras selama bertahun-tahun tidak sia-sia. Karena itu, salah satu pakar kaki-kaki di Bandung ini tetap bisa diajak diskusi dan berbagi pengalaman tanpa terlihat jumawa.

“Saya develop sendiri dari awal semua pengerjaan kaki-kaki mobil. Bisa untuk semua jenis mobil dari mulai sedan, city car, MPV, SUV hingga mobil boks,” papar Andri.

Guna meningkatkan ketelitian dan kepiawaian menangani sektor kaki-kaki, dia juga sering menerima report atau keluhan dari pengguna mobil harian, pengguna mobil luar kota, hingga pebalap.

“Saya selalu jelasin tiap 5000 km sila segera cek bagian kaki-kaki. karena terkadang tidak mudah terasa, apalagi pemiliknya tidak peka terhadap perubahan di sektor satu ini,” tutup andri.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles