Tekan Kadar Emisi, Pemda DKI Jakarta Larang Kendaraan di Atas 10 Tahun Melintas di Jalan Raya

0
Foto: harrisgrave photo
- Advertisement -

NMAA News – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan instruksi melarang penggunaan mobil berusia 10 tahun ke atas di wilayah Jakarta. Larangan tersebut kini sedang dikaji ulang bertujuan  mengurangi polusi udara di langit Jakarta.

Poin tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara dan berlaku mulai tahun 2025.Instruksi itu juga memerintahkan uji emisi kendaraan bermotor berusia tiga tahun ke atas yang beroperasi di wilayah Jakarta.

Kebijakan tersebut sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Beleid itu telah diteken Anies sejak 1 Agustus 2019.

“Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai pada tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2025,” tertuang dalam diktum kesatu poin 3  beleid tersebut.

Foto: Ist @dinaslhdki

Dalam instruksi tersebut, Anies meminta Dinas Lingkungan Hidup agar memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan sejak 2019.Selain itu, Anies juga menginstruksikan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu agar mensyaratkan pelaksanaan uji emisi secara berkala bagi seluruh kendaraan bermotor sebagai salah satu syarat dalam pemberian ijin operasional kendaraan.

Beberapa waktu lalu, Pemprov DKI juga mulai menggencarkan uji emisi bagi kendaraan di Jakarta. Salah satunya dengan membuat Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Dalam beleid tersebut, Pemprov DKI bakal memberikan disinsentif kepada pemilik kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi berupa pengenaan tarif parkir tertinggi dan penegakan tilang.

- Advertisement -