30 Unit dari 3 Model Kendaraan Elektrifikasi Toyota Ramaikan EV Smart Mobility di Bali

NMAA News – Gelaran proyek EV Smart Mobility yang diinisiasi Toyota Indonesia dan berlangsung di Bali, menghadirkan sejumlah kendaraan elektrifikasi Toyota modern dan kekinian yang memberikan pilihan lengkap bagi penggunanya nanti.

Project Toyota EV Smart Mobility di Bali tersebut menyediakan 3 line-up kendaraan elektrifikasi Toyota dengan total 30 unit. Yakni terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV, yang disiapkan secara khusus untuk project ini.

 

Kendaraan Full Battery EV yaitu Toyota COMS dan C+pod, dapat digunakan masyarakat dan turis di kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya, sehingga mendukung ecotourism di area tersebut. Sementara Toyota Prius PHEV digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sebagai kendaraan bermobilitas di wilayah Bali.

Lebih dari itu, sebagai bagian upaya menerapkan ‘green and renewable energy’, di project EV Smart Mobility juga dilengkapi teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

“Dengan menginisiasi ecotourism yang terintegrasi dengan produk Toyota di project EV Smart Mobility ini, kami harap lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan kendaraan BEV dan PHEV Toyota,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Menurutnya, pihaknya lebih lanjut akan mengumpulkan umpan balik dari pengguna, agar dapat lebih memahami keuntungan dan tantangan setiap jenis kendaraan elektrifikasi dan kebutuhan masyarakat. “Ini akan membantu kami meraih komitmen terhadap elektrifikasi massal di Indonesia”, sambung Henry.

Untuk dapat menggunakan layanan project EV Smart Mobility, selain datang langsung ke station di depan central parkir The Nusa Dua (di depan Bali Collection) atau ke station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua, EV Smart Mobility juga dapat diakses secara digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go.

Tidak hanya itu, Toyota juga melengkapi unit Toyota C+pod dan Toyota Prius PHEV dengan fitur Digital Key sehingga pengguna dapat melakukan seluruh akses secara digital, mulai booking, payment, hingga akses seperti membuka dan mengunci pintu mobil dan juga menyalakan mobil hanya dengan menggunakan smartphone pengguna.

Dengan kemudahan digitalisasi ini, pengguna dapat menggunakan kendaraan tanpa perlu melakukan kontak langsung dengan banyak orang sehingga penerapan protokol kesehatan akan semakin baik.

Menurut Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, pihaknya mendukung kerjasama pemanfaatan kendaraan listrik karena sejalan komitmen ITDC mewujudkan Eco Sustainable Tourism di kawasan pariwisata yang mereka kelola. Selain menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali Energi Bersih sebagai program Pemerintah Provinsi Bali.

Acara ini juga sebagai wujud dukungan ITDC atas Peraturan Presiden No.55/2019, pemanfaatan kendaraan listrik dalam kawasan ini juga akan mendukung implementasi protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) untuk mewujudkan The Nusa Dua sebagai destinasi pariwisata berkualitas lebih bersih, aman, dan nyaman sehingga dapat menjadi tambahan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung,” lanjut Arie Prasetyo.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan pelayanan kami, seluruh 30 unit pada project EV Smart Mobility akan disterilisasi sebelum dan sesudah digunakan. Sehingga pengguna dapat menikmati sebuah pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi Toyota yang menyenangkan, mudah, aman dan nyaman.

“Saya senang sekali atas inisiatif Toyota berkerjasama dengan ITDC dan pihak lainnya untuk semakin meningkatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di kawasan pariwisata di Nusa Dua. Hal ini tentunya selaras dengan Peraturan Gubernur Bali no. 48 tahun 2019. Selain itu, hal ini juga sesuai dengan Visi Pembangunan Daerah Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru,” imbuh Gubernur Bali, Wayan Koster.

 

Selanjutnya, “Kehadiran kendaraan listrik ini mendukung upaya kita bersama menjaga alam Bali yang bersih serta meningkatkan kualitas pariwisatanya. Saya harap Kerama Bali, khususnya para generasi muda akan mengikuti langkah ini sebagai upaya kita bersama mewujudkan alam dan bumi Bali yang bersih,” pungkas Gubernur Bali, Wayan Koster.

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles