All New Honda Legend Hybrid EX Kini Dilengkapi Teknologi SENSING Elite Terbaru

NMAA News – Varian terbaru All New Honda Legend Hybrid EX mulai dipasarkan Honda Motor Co., Ltd. untuk pasar Jepang sejak 5 Maret 2021 lalu. Selain mengusung mesin V6 3.5L direct injection i-VTEC dengan transmisi 7-speed DCT, All New Honda Legend kini juga dilengkapi teknologi Honda SENSING dengan beberapa penambahan fitur baru.

Dilabeli Honda SENSING Elite, beberapa fitur baru sistem keamanan Honda ini dirancang terintegrasi dengan infrastruktur transportasi yang ada di Jepang guna makin meningkatkan keamanan dan pengalaman berkendara.

Salah satu teknologi canggih yang ditambahkan, fungsi “Traffic Jam Pilot”, teknologi yang memenuhi syarat mengemudi otomatis Level 3 (mengemudi otomatis bersyarat di area terbatas) yang mendapatkan penunjukan Kementerian Pertanahan Jepang, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT)*1.

Teknologi Traffic Jam Pilot memungkinkan sistem penggerak otomatis yang mengemudikan kendaraan dalam kondisi tertentu, bukan pengemudi, seperti saat kendaraan berada dalam kemacetan lalu lintas di jalan tol*2.

Teknologi ini memungkinkan sistem mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi sambil memantau lingkungan seputar kendaraan. Sistem akan mengemudi, berhenti, melanjutkan mengemudi dalam jalur sama dengan tetap menjaga jarak mengikuti sesuai kecepatan kendaraan di depan.

Untuk kontrol kendaraan, sistem menentukan posisi kendaraan dan kondisi jalan menggunakan data dari peta definisi tinggi 3 dimensi dan sistem satelit navigasi global (GNSS*3) dan mendeteksi lingkungan kendaraan 360 derajat menggunakan sejumlah sensor eksternal.

Teknologi Hands-off Function, di mana saat Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low-Speed Follow dan Lane Keeping Assist System (LKAS) diaktifkan, di kondisi tertentu terpenuhi di jalan tol, sistem akan membantu pengoperasian mengemudi bahkan saat pengemudi melepaskan tangan dari roda kemudi. Hands-off Function terdiri dari:

  1. Adaptif in Lane Driving

Sistem ini membantu mengemudi dan mengikuti mobil di depan dalam sebuah jalur. Sistem menggerakkan kendaraan di sepanjang jalur tengah dengan tetap mempertahankan kecepatan kendaraan yang telah ditentukan sebelumnya. Saat ada mobil di depan, sistem membantu mengikuti sambil menjaga jarak mengikuti dengan benar.

  1. Active Lane Change Assist Hands-off Function

Saat Adaptive in Lane Driving aktif, ketika pengemudi memastikan lingkungan yang aman dan menyalakan sinyal belok, sistem membantu akselerasi / deselerasi dan kemudi untuk perubahan jalur.

  1. Active Lane Change  with Hands-off Function

Saat Adaptive in Lane Driving aktif, ketika pengemudi mengaktifkan Active Lane Change  with Hands-off Function, sistem menilai situasi dan membantu perubahan jalur dan/atau lewat kendaraan lain dalam kondisi tertentu. Saat sistem mendeteksi mobil di depan dikendarai dengan kecepatan rendah, sistem akan memberi tahu pengemudi dan kemudian membantu pengemudi yang lewat dan kembali ke jalur semula.

Selain itu terdapat juga Emergency Stop Assist dimana ketika pengemudi terus tidak menanggapi permintaan sistem untuk penyerahan (pengalihan kendali kembali ke pengemudi), sistem membantu perlambatan dan penghentian kendaraan dengan membuat perubahan jalur ke jalur terluar atau bahu jalan.

Sistem akan mendesak pengemudi untuk menanggapi permintaan serah terima menggunakan peringatan visual, auditori dan taktil termasuk suara alarm yang meningkat dan getaran di sabuk pengaman pengemudi.

Jika pengemudi terus tidak merespons, sistem akan membantu perlambatan dan penghentian kendaraan sambil memperingatkan kendaraan lain di sekitar menggunakan lampu hazard dan klakson.

Ketika ada bahu jalan, sistem membantu perlambatan dan perubahan jalur hingga kendaraan mencapai bahu jalan untuk berhenti dengan aman.*4

Teknologi lainnya Human Machine Interface (HMI), memungkinkan pengemudi untuk secara instan mengenali status operasi sistem, situasi mengemudi dan permintaan serah terima yang dikeluarkan oleh sistem. Lampu indikator Honda SENSING Elite diposisikan di roda kemudi, bagian atas layar navigasi, dan glovebox.

Rancangan khusus eksterior model All New Legend ini mencakup lampu aksesori biru dan velg aluminium khusus. Sejumlah sensor disematkan untuk membuatnya terlihat lebih mewah dan tampilan megah sesuai sedan unggulan yang performanya ditingkatkan. Sekaligus tunjukkan fakta, ini adalah kendaraan dilengkapi dengan peralatan mengemudi otomatis.

Bagian interior terasa eksklusif untuk model ini termasuk lampu indikator Honda SENSING Elite yang menampilkan posisi, ukuran, warna, kecerahan, dan detail lainnya yang dipilih dengan cermat, serta pengukur grafis LCD 12,3 inci.

Peralatan ini diadopsi dengan pertimbangan agar pengemudi dapat secara intuitif memahami status pengoperasian sistem, situasi mengemudi, dan permintaan untuk pengalihan kendali kembali kepada pengemudi yang dikeluarkan oleh sistem.

*1 Reception of the type designation diumumkan pada 11 November 2020. Silakan merujuk ke siaran pers: https://global.honda/newsroom/news/2020/4201111eng.html
*2 Ada batasan untuk kemampuan (misalnya kemampuan pengenalan dan kemampuan kontrol) dari masing-masing fungsi Honda SENSING Elite.
*3 GNSS adalah singkatan dari Global Navigation Satellite System, nama kolektif untuk sistem penentuan posisi, navigasi dan waktu (PNT) satelit.
*4 Tergantung pada situasinya, sistem dapat menghentikan kendaraan tanpa melakukan perubahan jalur.
Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles