Auto2000 Kembangkan Kampung Berseri dengan Program Lawan Pandemi

NMAA News – Auto2000 terus konsisten memberdayakan Kampung Berseri Astra (KBA) di wilayah RW 11, Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Pembangunan KBA ini berawal dari peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cengkareng Timur pada 18 Februari 2016 sebagai donasi Astra International.

Auto2000 melanjutkannya dengan merintis KBA Binaan Auto2000 Cengkareng Timur pada 2017.  Tujuan dilakukannya program KBA adalah untuk turut membantu pemerintah memenuhi program SDG (Suistanable Development Goals) yang dicanangkan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

Harapannya, dengan program ini Auto2000 turut erkontribusi bagi kemajuan lingkungan sekitar perusahaan yang sejalan Catur Dharma Astra yaitu menjadi aset bermanfaat bagi Indonesia. Di masa pandemi COVID-19 ini, Auto2000 tetap berkontribusi mengembangkan KBA Cengkareng Timur dengan menjalankan program seperti:

Pilar Kesehatan

Target pengembangan pilar kesehatan adalah Kesehatan Ibu dan Anak. Detail aktivitasnya mencakup pembinaan ke posyandu. Pemberdayaan yang dimaksud adalah pemberian alat kesehatan dan pendukung posyandu, pelatihan kader posyandu dan pemberian makanan tambahan bagi balita.

Ada juga program Satgas Covid-19 yang memberi bantuan dan edukasi warga terkait Covid-19, termasuk menyiapkan bantuan ke warga yang isolasi mandiri di rumah dengan menyediakan kebutuhan sembako dan penunjang kesehatan.

Kampung Berseri Astra (KBA) di wilayah RW 11, Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat

Pilar Pendidikan

Pilar pendidikan berupa pemberian alat pendukung belajar mengajar dan pelatihan serta pengembangan guru. Dalam pilar pendidikan, Auto2000 berusaha mengambil peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Adapun sekolah yang dibina berupa 1 sekolah dasar (SDN 21 Cengkareng Timur) dan 1 PAUD (PAUD & TK Al Baidillah). Hasil yang dicapai, Sekolah Dasar binaan Auto2000 telah memiliki pengetahuan lingkungan baik.

Adapun hasil di PAUD berupa peningkatan kapasitas tenaga pendidik serta fasilitas pendukung pendidikan sehingga anak – anak yang bersekolah mendapat pendidikan lebih baik di tengah lingkungan sekolah yang baik juga, dibuktikan diterimanya penghargaan PAUD di tingkat Kecamatan Cengkareng.

Pilar Lingkungan

Dalam pilar ini, Auto2000 ikut serta pengembangan program pemerintah berupa Program Kampung Iklim (Proklim) yakni penanaman tanaman, pembuatan biopori, komposting, dan lain sebagainya. Auto2000 juga mengembangkan program bank sampah dan program menukar sampah dengan sembako.

Hasil program ini merubah daerah yang semula tandus dan tidak terawat menjadi kawasan teduh dan ramah lingkungan. Terbukti kawasan KBA Cengkareng Timur yang mewakili Jakarta Barat dalam penilaian Proklim tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Pilar UMKM

Pengembangan pilar UMKM oleh Auto2000 berupa pemberian modal usaha dan pelatihan warga sekitar untuk membuka usaha. Pelatihan tidak hanya membuat produknya, tetapi sampai cara pembukuan, promosi dan kegiatan penunjang peningkatan penjualan. Pengembangan pilar UMKM menghasilkan beberapa pengusaha baru di area tersebut sehingga memberdayakan serta meningkatkan kualitas masyarakat sekitar.

“Yang membahagiakan di masa sulit pandemi COVID-19, membantu sesama yang mengalami kesulitan. Bersama Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur, Auto2000 tetap membantu masyarakat sekitar perusahaan dengan tetap memberi program pemberdayaan yang dibutuhkan masyarakat,” jelas Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, dalam rilis tertulis yang dikirim ke redaksi, Minggu (7/3/2021).

 

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles