Nismo Tunjukan Proses Restorasi Nissan Skyline GT-R R32, Begini Hasilnya

NMAA News – Kiprah Nissan Skyline R32 di kancah motorsport tidak diragukan lagi. Misalnya momen ketika diturunkan pada ajang Australian Touring Car Championship (ATCC) 1992 silam. Momen tersebut berakhir dengan dominasi R32 yang mampu mempercundangi Ford Sierra Cosworth.

Pada Desember 2020 lalu, Nismo selaku divisi khusus performa Nissan menghadirkan program restorasi untuk mengembalikan tampilan dan kondisi mobil persis seperti zaman kejayaannya. Peluang ini dilirik oleh Nismo khusus keluarga Skyline GT-R dari mulai BNR 32, R33, dan R34 Skyline. Bisnis restorasi Nismo bertajuk  “Nismo Restored Car” bertujuan untuk menjaga deretan generasi Nissan Skyline tetap lestari.

Beberapa waktu lalu, salah seorang tim Nismo menjukan seluruh rangkaian proses restorasi Nissan Skyline GT-R pada sebuah video yang diunggah di kanal Youtube NISMO_Official, Selasa (02/03/2021) lalu.

Foto: NISMO_Official

Dalam video berdurasi 3 menit tersebut, tim Nismo mengambil contoh proses restorasi Skyline GT-R R32 lansiran 1989 hingga 1994 silam. Dari mulai membongkar seluruh bagian mobil yang terpasang pada Nissan Skyline GT-R R32. Proses tersebut dilanjut dengan mengecat pada sasis dan bodi menggunakan cat putih.

Karena kecanggihannya teknologi yang digunakan, proses pengecatan tersebut dapat mempermudah pemeriksaan terhadap kondisi sasis hanya melalui aplikasi khusus. Proses berlanjut dengan mencelupkan bagiann sasis dan bodi kedalam cairan khusus untuk melindungi karat.

Foto: NISMO_Official

Proses restorasi juga menyentuh bagian mesin 6-silinder segaris berkode RB26DETT dengan kapasitas 2.600 cc bawaan Skyline GT-R R32. Para Takumi (mekanik) terlihat piawai membongkar seluruh bagian mesin dan melakukan substitusi dengan komponen baru versi orisinal.

Setelah itu, proses restorasi berlanjut dengan menguji performa mesin yang baru dibangun tersebut supaya menghasilkan standar khusus Nissan. Begitupun bagian kaki-kaki yang mempengaruhi perfoma kendaraan, terdiri dari suspensi, pengereman dan perintilan di sektor undercarriage tersebut.

Tak kalah penting, ruang kabin juga mendapat sentuhan restorasi seperti jok, setir, panel pintu hingga dasbor kini terlihat persis seperti keluar pabrik. Seluruh konfigurasi tersebut membawa memorabilia ketika mobil berjuluk Godzilla tersebut kembali ‘hidup’ di masa kini.

Foto: NISMO_Official

Dikutip dari laman resmi Nismo.co.jp, seluruh program restorasi mengharuskan pemilik Nissan Skyline GT-R merogoh anggaran kurang lebih 45 juta yen atau sekitar Rp 5,9 miliar jika dikonversikan dengan kurs hari ini.

Nah, buat kalian NMAA Member yang penasaran seperti apa proses restorasi Nissan Skyline GT-R R32 oleh Nismo, simak video berikut ini:

 

Related Articles

Stay Connected

21,787FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles