Mengenal Lebih Jauh Transmisi CVT Daihatsu, Halus dan Bikin Irit Konsumsi BBM

NMAA News – Mungkin Anda sekalian masih banyak yang belum mengenali secara dekat fitur transmisi CVT dari Daihatsu. Transmisi otomatis Continuously Variable Transmission atau akrab disebut CVT, merupakan sistem transmisi otomatis lebih advanced atau canggih dibanding transmisi otomatis (A/T) konvensional.

Walaupun sama-sama bertransmisi otomatis dan tidak perlu menginjak kopling, transmisi CVT memiliki perbedaan mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberi sensasi berkendara lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Daihatsu TAFT dengan akronim “Tough & Almighty Fun Tool” yang sudah mengusung teknologi ‘Dual Mode CVT’

Pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga diperpanjang pada gir rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih efektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga cukup besar.

Di negara asal Daihatsu di Jepang, sebagian besar model Daihatsu sudah menggunakan teknologi CVT ini. Sebut saja Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon. Khusus untuk Daihatsu Rocky yang diluncurkan pada November 2019 lalu di Jepang, saat ini bahkan sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT.

Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah. Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles