MINI Electric Cooper SE Disiapkan Jadi Pace Car Balap Formula E

NMAA News – Performa mobil listrik MINI rupanya mampu mencuri perhatian dan minat penyelenggara ajang balap Formula E. Pasalnya, seri balapan Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA memilih MINI Cooper SE elektrik menjadi ‘Pace Car’ (unit kendaraan safety car) resmi untuk seri balapan Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA.

Kehadiran MINI Cooper SE merupakan salah satu hasil kebijakan global BMW Group yang terus mematangkan road map-nya dalam menyongsong masa depan yang serba listrik. Menguatkan karakternya, desain MINI Electric Pacestter mendapat inspirasi warisan balap John Cooper Works (JCW).

Dijuluki sebagai versi ekstrim MINI Electric, Cooper SE Pace Car ini menampilkan fitur balapan khusus trek yang terinspirasi JCW, yang memberi keunggulan kompetitif pada mobil listrik kecil. Misalnya, Divisi M BMW diminta untuk membantu MINI mendesain desain velg serta apron depan dan belakang. Sementara berbagai teknik pengurangan bobot kendaraan juga dilakukan untuk membuat MINI tersebut lebih cepat dan lebih ekonomis.

Desain keseluruhan Cooper SE Pace Car ini terlihat seperti sedang bergerak maju meskipun tidak bergerak. Hal ini didapat berkat elemen aerodinamika seperti side skirt dibuat miring. Serat karbon daur ulang digunakan untuk membuat komponen aerodinamika 3D seperti spoiler. Tak lupa, di atas wing spoiler belakang, disematkan lampu rotator khas pace car agar mudah dilihat.

Sedangkan pelek 18 inci terbaru lebih besar dari standar mengisi fender yang kini lebih melebar. Desain pelek ini memiliki rancangan unik dan eye-catching. Di buritan, desain lekukan bumper mengeksposur wujud ban yang lebih mencengkeram. Diffuser juga mempertegas desain buritan dan terlihat minimalis karena tidak adanya pipa knalpot.

Untuk kabin, Anda tidak akan menemukan apa pun selain komponen penting layaknya mobil balap. Seperti jok balap (bucket seat) dengan sabuk 6-titik, roda kemudi dengan penyerap benturan berbahan serat karbon minimalis, dan kluster instrumen digital.

Aplikasi serat karbon dapat ditemukan di seluruh bagian, menyesuaikan segala sesuatu mulai dari konsol tengah hingga panel pintu. Sedangkan roll cage standar FIA juga turut disematkan guna menambah aspek keamanan.

Dengan berat hanya 1.230 kg, MINI Electric Pacesetter mampu merengkuh 0-100 kpj hanya dalam 6,7 detik. Daya yang dihasilkan mencapai  yang dicapai berkat tenaga 180 hp dan torsi 280 Nm. Namun sensasi tonjokan torsi dan daya MINI Cooper SE Pace Car ini hanya bisa dinikmati di sirkuit, dibuat terbatas, dan tidak dijual untuk umum.

Sumber & Foto: BMW Group

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles