Perluas Pasarnya di Thailand, Pertamina Lubricants Gandeng Iyara Energy Group

NMAA News – Dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan penjualan pelumas Pertamina segmen retail di Thailand, PT Pertamina Lubricants melalui anak perusahaannya Pertamina Lubricants (Thailand) Co.,Ltd. (PLT) menggandeng Iyara Energy Group Co.,Ltd. sebagai salah satu distributor yang fokus pada pelumas kendaraan roda dua/two wheels (2W).

Pertamina Lubricants (Thailand) Co,.Ltd. menandatangani kontrak kerjasama distributorship dengan Iyara Energy Group Co.,Ltd. yang berlangsung di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok, Jumat (5/3/2021).

Penandatanganan dilakukan Direktur Utama PLT Darwin Harianja yang juga salah satu Direktur INTCC (Indonesia Thailand Chamber of Commerce) dan Chairman Iyara Energy Group Co.,Ltd. Sasithorn Nontleeraksa. Kerjasama ini juga disaksikan langsung Duta Besar Indonesia Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman.

Menurut Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa mengatakan, pelumas Pertamina sudah hadir di Thailand sejak lima tahun lalu saat PLT resmi berdiri sebagai anak perusahaan PT Pertamina Lubricants dan memiliki tiga distributor yang fokus pada segmen berbeda, antara lain segmen retail 4W dan industri.

“Thailand merupakan negara dengan pasar pelumas yang terus tumbuh dan memikat. Sebagai induk, kami terus mendorong PLT lebih agresif di tengah persaingan ketat. Dengan adanya anak perusahaan PLT di Thailand, pelumas Pertamina semakin dekat dengan pasar dan konsumen di negara gajah putih ini,” jelas Andria Nusa.

PLT berkomitmen terus adaptif dengan permintaan pasar serta terus mengutamakan ‘Local Responsiveness’ yang menghadirkan produk pelumas Pertamina ke konsumen dan masyarakat. Setelah sukses dengan pelumas 4W dan produk pelumas industri, PLT kini mengincar potensi pasar segmen 2W dengan memasarkan brand Enduro.

Pertumbuhan pasar pelumas 2W di Thailand terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, dan merupakan segmen yang paling sedikit terpengaruh oleh pandemi. Seperti di Negara Asean atau Indochina lainnya, Pasar 2W sangat tahan terhadap krisis.

“Dengan partnership atau kemitraan lokal ini maka kami optimis akan terus tumbuh di pasar international. Kami berharap produk pelumas Pertamina dapat memenuhi kebutuhan konsumen lokal dan Pertamina dapat terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Thailand,” pungkas  Andria.

 

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles