Honda Ungkap Mobil Sedan Dilengkapi Fitur Otonom Level 3 Pertama di Dunia, Hanya 100 Unit

NMAA News –  Honda akhirnya secara resmi memperkenalkan mobil otonom Level 3 pertama mereka di dunia dengan memperkenalkan Honda Legend. Honda Legend saat ini dikatakan sudah dijual secara terbatas di Jepang.

Seperti dikutip autoblog, Honda menjadi pabrikan pertama yang mendapatkan sertifikat yang memproduksi mobil otonom level 3. Dikatakan sebanyak 100 unit Honda Legend sudah mulai dijual di Jepang dengan harga 11 juta yen atau setara dengan Rp 1,4 miliar (dengan kurs 1 Yen = Rp 133).

Chief Engineer, Yoichi Sugimoto mengatakan teknologi terbaru dari Honda Legend dikatakan akan mampu memberi tanda atau bisa menghindari secara langsung terjadinya kecelakaan pada pejalan kaki atau kelalaian pengendara.

Selain itu teknologi terbaru seperti Traffic Jam Pilot yang mampu mengatur akselerasi, pengereman secara mendadak dan mengatur stir kemudi saat hilang kendali juga dipersiapkan. Selain itu sistem navigasi juga ikut diberikan, sehingga setiap pengendara atau siapa saja dalam kabin bisa membantu dalam perjalanan.

Selanjutnya dikatakan saat pengendara kehilangan kontrol, maka secara otomatis seatbelt akan mengeluarkan getaran yang bisa menyadarkan pengendara. Saat pengendara tidak juga sadar, maka secara otomatis berhenti secara perlahan dengan penanda hazard telah diaktifkan.

Saat ini ada 5 tingkatan teknologi untuk bisa mencapai mobil otonom. Diantaranya:

– Level 0 (tidak ada teknologi otonom)

Pada level ini bisa dipastikan merupakan kendaraan yang tidak memiliki fitur otonom sama sekali. Artinya pengendara yang menggerakan atau mengatur semuanya secara pribadi. Bahkan saat pengendara secara mendadak itu dilakukan sendiri.

– Level 1

Pada level 1 bisa dikatakan ini merupakan tingkat teknologi otonom paling terbawah, soal fitur yang disajikan sebut saja seperti fitur driving assistance atau cruise control yang bisa mengatur kecepatan berkendara secara otomatis.

– Level 2

Pada level 2 bisa digambarkan sebagai penambahan fitur lain untuk memudahkan pengendara namun tetap tidak full otonom, sebut saja penambahan fitur yang mengkontrol kemudi dan akselerasi tapi sekedar menambah kecepatan. Pada level ini pengemudi masih berada di balik kemudi dan kapan saja bisa mengambil alih kendali. Akan tetapi mobil bisa melaju sendiri.

– Level 3

Pada teknologi level 3 bisa dikatakan sudah ada teknologi yang berbeda. Pada level ini mobil sudah dilengkapi dengan teknologi yang mampu mendeteksi lingkungan sekitar. Selain itu kendaraan bisa memberikan informasi untuk memperlambat laju, akan tetapi masih membutuhkan pengemudi di belakang stir kemudi. Agar jika terjadi sesuatu pengemudi bisa mengambil alih.

– Level 4

Pada level 4 mobil akan memiliki fitur tambahan yang mampu memberikan intervensi atau mengambil alih sendiri jika terjadi kesalahan sistem. Pada level ini pengemudi sudah tidak memiliki andil besar meski pengendara masih bisa mengambil alih kemudi. Selanjutnya dikatakan fitur yang terdapat pada Level 4 mobil otonom in, mobil sudah dilengkapi dengan fitur otonom.

– Level 5

Pada level 5 bisa dipastikan setia kendaraan tidak lagi membutuhkan pengemudi untuk berkendara. Karena bisa dipastikan mobil otonom pada level 5 sudah dilengkapi dengan semua fitur yang memungkinkan untuk mobil berkendara secara otomatis.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles