Postur Berkendara yang Nyaman, Bikin Touring Jadi Menyenangkan

NMAA News – Touring bermotor memang menyenangkan. Namun agar berkendara tidak cepat melelahkan yang mudah berpotensi menurunkan konsentrasi, coba perhatikan postur atau posisi berkendara yang tepat.

Kenyamanan berkendara motor yang menyenangkan akan semakin maksimal jika didukung kendaraan tepat. Untuk motor yang nyaman, jenis skutermatik (skutik) dengan mesin dan bodi yang lebih besar, mampu mengakomodir kebutuhan touring yang nyaman.

Salah satunya seperti touring dengan Honda PCX yang baru dirilis bulan lalu. Skutik besar bermesin 160cc eSP+ ini ini menawarkan segitiga ergonomi postur berkendara yang cocok untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh. Berikut beberapa postur berkendara yang nyaman dan menyenangkan  :

Ride on Position

Ride on Position (perhatikan posisi kaki di foot-board)

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini berkat posisi punggung tegak sehingga menurunkan stress bagian bahu, punggung dan leher. Pada Honda PCX, posisi setang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks.

Menurunnya ketegangan otot tangan bagian depan memberi handling nyaman dan optimal. Selain itu, posisi lutut relatif rata dengan pinggul, dapat mengurangi stres atau ketegangan paha, ditunjang desain jok yang mampu menyangga baik.

Leasure Position

Leisure position

Leasure position merupakan posisi di mana kaki berpindah ke bagian depan saat berkendara, seperti yang ditawarkan Honda PCX terbaru. Posisi ini dapat menurunkan ketegangan kaki bagian bawah atau betis saat perjalanan jarak jauh. Ketika ketegangan kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, bisa kembali posisi Ride On Position.

Menurut Manager Safety Riding AHM Johanes Lucky, postur berkendara yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

Dalam berkendara, focus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati, tetapi dalam waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan. Sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat saat berkendara dengan sepeda motor.

“Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #cari_aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” pungkas Lucky.

Foto: Honda / AHM

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles