Simak Keunggulan Platform DNGA di Mobil Daihatsu Terbaru

NMAA News – Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) merupakan basis dasar pengembangan mobil Daihatsu terbaru yang bertujuan menghasilkan kendaraan efisien, nyaman, dan multifungsi. Hingga kini, beberapa model mobil Daihatsu di Jepang, di antaranya telah menerapkan platform terbaru berbasis DNGA yang dikembangkan sejak 2017 di Jepang.

Daihatsu memperkenalkan platform khusus ini dengan konsep (1-1-1-1). Maknanya, filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Angka ini memiliki arti, setiap pengembangan produk berbasis DNGA memperhitungkan segala aspek hingga titik terdetilnya. Mulai ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan kendaraan efisien.

Mobil Daihatsu berplatform DNGA memberi pengalaman dan sensasi berkendara berbeda. Mesin lebih halus dengan performa maksimal, kenyamanan berkendara, kestabilan kendaraan, efisiensi bahan bakar lebih baik dan lebih ramah lingkungan, desain stylish dan modern, serta memiliki harga terjangkau.

Secara teknis, mobil Daihatsu yang menerapkan platform DNGA memiliki keunggulan lantaran mampu menerapkan seluruh fitur teknologi canggih dan terkini. Platform ini  juga dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang berbasis DNGA.

Platform DNGA juga memiliki proses pengembangan atau perubahan desain lebih cepat di setiap modelnya. Di Jepang dalam kurun 2 tahun terakhir, Daihatsu telah meluncurkan 3 model terbarunya berbasis platform DNGA yakni Daihatsu New Tanto, dan Daihatsu Rocky pada 2019, dan Daihatsu New Taft pada 2020.

Daihatsu New Tanto, kendaraan Daihatsu pertama pengusung platform DNGA yang meluncur Juli 2019 di Jepang. Mesinnya berkapasitas mungil 660 cc dengan perangkat Turbocharged. Performa mesinnya setara mesin 1.000cc, namun memiliki konsumsi bahan bakar lebih efisien.

New Tanto dilengkapi teknologi Smart Assist generasi terbaru. Teknologi ini mampu mendeteksi, mencegah, dan meminimalisir resiko benturan kendaraan atau pejalan kaki dan didukung sistem pengereman darurat otomatis.

Compact SUV Rocky meluncur di Jepang pada November 2019, meraih sambutan baik masyarakat Jepang. Mobil ini langsung mendapat penghargaan rating tertinggi bintang 5 uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) yang dikeluarkan Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid).

Sedangkan TAFT dengan akronim “Tough & Almighty Fun Tool”, menjadi mobil ketiga yang menerapkan platform ini, dan meluncur resmi pada Juni 2020. TAFT didesain sebagai mobil mini crossover tangguh dengan style baru untuk pengguna aktif berkendara sehari-hari.

TAFT mengadopsi atap kaca (glass roof) yang memberi visibilitas penumpang lebih luas agar dapat menikmati pemandangan, serta ruang bagasi luas dan fleksibel untuk memudahkan penggunanya dalam meletakkan barang bawaan dengan lebih lega dan lebih mudah.

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles