Tambah Nilai Investasi, Suzuki Akan Kembangkan Ertiga dan XL7 Versi Hybrid

NMAA News – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu dengan petinggi Suzuki Motor Corporation (SMC). Dalam kunjungannya ke Jepang tersebutm Suzuki menyebutkan nilai investasi untuk pengembangan dua mobil hybrid di Indonesia.

Melalui rilis di laman kemenperin.go.id, Jumat (12/3/2021), Agus mengatakan, Suzuki akan menambah nilai investasi sebesar Rp 1,2 triliun untuk mengembangkan produk Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7 yang diperkenalkan sebagai jenis kendaraan mild hybrid dengan teknologi integrated starter generator (ISG). “Model-model tersebut untuk tujuan ekspor bagi pasar Asia dan Amerika Latin,” jelas Agus.

Karena itu, perusahaan tersebut juga telah memiliki roadmap EV dan menyampaikan bahwa insentif dari kebijakan pemerintah sangat diperlukan untuk meningkatkan produksi EV. Nantinya, lanjut Agus, Ertiga dan XL7 mild hybrid itu akan menjadi produk ekspor untuk pasar Asia dan Amerika Latin.

Foto: PT SIS

Hal senada dikatakan oleh Duta Besar Indonesia untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, dalam pertemuan tersebut Suzuki memilih untuk mengembangkan mild hybrid karena pabrikan tersebut memiliki teknologi yang disebut Integrated Starter Generator (ISG).

“Teknologi ISG itu mampu melakukan penghematan bahan bakar hingga 15 persen dan mengurangi emisi 20 persen,” ujar Heri seperti dikutip Antara, Jumat (12/3/2021).

Suzuki lebih memilih teknologi mild hybrid karena menyasar segmen entry level. Suzuki menganggap teknologi mild hybrid itu cocok untuk pasar Indonesia.

“Jadi tetap komitmen dan pertimbangan mereka, termasuk pertimbangan pasar dan lain-lain, teknologi itu yang dia punya. Dalam hal ini Kemenperin tetap akan mendukung rencana investasi Suzuki ini,” pungkas Heri.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles