NMAA News – Sebagai wujud keseriusannya dalam meningkatkan kualitas produknya, Daihatsu konsisten melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan keikutsertaannya di ajang kompetisi inovasi mulai dari tingkat internal, grup, nasional, hingga global.
Setelah meraih penghargaan tertinggi tingkat nasional pada November 2020 lalu, PT Astra Daihatsu Motor juga meraih 3 penghargaan sekaligus acara InnovAstra ke-37 yang diselenggarakan secara virtual dengan tema Innovate to Achieve Cost Leadership pada 9 Maret 2021 lalu. Acara ini merupakan puncak acara kompetisi inovasi yang dilaksanakan untuk seluruh perusahaan anggota bisnis grup Astra setiap tahun.
Adapun 3 penghargaan tersebut secara berturut adalah, Juara 1 untuk kategori QCC (Quality Control Circle) yang diraih oleh tim Engine Plant ADM, Juara 1 pada kategori QCP (Quality Control Project) diraih tim Karawang Assembly Plant ADM, dan Juara 2 kategori QCC diraih tim Body Sunter Assembly Plant ADM.
Melalui kompetisi inovasi ini, Daihatsu fokus pada 3 aspek utama, yaitu safety, quality, dan efficiency. Tujuan inovasi bidang safety adalah untuk menjadi merek terpercaya dengan selalu menciptakan proses kerja yang aman. Untuk inovasi pada quality bertujuan agar semua produk Daihatsu menjadi best fit in Indonesia. Pada sisi efficiency, agar Daihatsu selalu memberi best value ke Pelanggan.
Penghargaan ini juga menjadi prestasi ke-6 kalinya sejak 2014 dan semakin melengkapi sederet karya inovasi Daihatsu. Selain sebagai ajang kompetisi inovasi dalam mempromosikan keberhasilan kualitas mutu sebuah karya, ajang ini juga menjadi sarana saling tukar pengalaman dan ilmu dalam meningkatkan produk berkualitas yang bermanfaat bagi bangsa.
Human Resource Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Joko Baroto mengatakan, pihaknya terus beradaptasi dan beraktivitas dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Pada saat yang sama di tengah keterbatasan yang ada, justru lahir kreativitas dan inovasi baru karena semangat karyawan yang selalu mencoba cara baru menghadapi situasi baru, terlebih kondisi pandemi saat ini.
“Kami bersyukur, walaupun di tengah kondisi pandemi, semangat karyawan Daihatsu dalam menghasilkan karya-karya terbaik yang inovatif justru semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa Daihatsu berkomitmen penuh dalam memberikan produk terbaik kepada pelanggannya”, pungkasnya.