Wire Tuck Bisa Diterapkan di Mobil Non Injeksi? Begini Kata Punggawa GE Racing

NMAA News – Selain bertujuan mendongkrak performa, sejumlah builder modifikasi kerap mengkonsepkan mobil mereka sebagai karakter pembeda. Jacki Pengepul Mobil misalnya, dari sederet mobil modifikasi berusia lawas miliknya punya tampilan klimis nan elegan. Bahkan hingga menyentuh sektor mesin.

“Bagi tiap mobil modifikasi yang digarap diusahakan terlihat OEM, klimis tanpa menghilangkan karakter mobilnya. Banyak mobil saya menempuh jalur Restorasi Modifikasi di segala sektor hingga mesin, kita pertahankan karakter mobilnya sedangkan kekurangan ditutup dengan produk aftermarket baru,” bilang Jacki kepada NMAA Media.

Jika dirunut, ubahan performa mesin pada mobil Jacki seperti Toyota AE 86, Honda S2000, Nissan Cefiro karakter khas Pengepul Mobil dapat terlihat dengan tampilan klimis wire tuck di ruang mesin. Tidak sekedar mempertahankan karakter meski tergolong rumit, unit mobil SUper Giveaway IMX 2021 Virtual Bali beberapa waktu lalu, yaitu Honda SH4 atau Honda Grand Civic juga sudah dalam kondisi wire tuck. Bagaimana caranya?

Foto: Youtube Pengepul Mobil

“Karena Grand Civic ini masih karburator jadi kita melakukan semi wire tuck dengan tujuan kerapian di ruang mesin. Bedanya, full wire tuck dilakukan pada mesin injeksi dengan seperangkat peranti custom termasuk soket,” buka Punggawa GE Racing, Togi kepada NMAA Media (1/4).

Apa yang diterapkan pada mesin karbu dengan komponen delco ditempuh dengan menindahkan boks sekring dan relay, aki, serta jalur perkabelan lampu. Semi wiretuck sepeti yang disebutkan sebelumnya, bagi GE Racing yang berdomisili di Tangerang tidaklah rumit. Karena di sektor tertentu hanya memastikan saja ada beberapa komponen pada sistem karbu yang tidak bisa di wire tucked. 
“Prinsipnya, kita buat jalur baru karena posisi aki sudah ada di dekat dasbor. Nah, sisanya perkabelan diselundupkan  lewat jalur yang ada disembunyikan dibalik fender,” jelas Togi.
Meski sedikit berbeda, kini ruang mesin Honda Grand Civic yang sudah dimenangkan oleh petrolhead asal Jakarta tersebut terlihat rapi. Meski tidak seperti wire tuck secara umum, semi wiretuck juga tetap menutup sejumlah lubang di ruang mesin demi terlihat rapi.
” Terkati perawatan sebetulnya tidak ada. Asalkan, apabila menambahkan sesuatu pada sistem kelistrikan harap disesuaikan dengan load-nya karena dapat menambah beban pada kelistrikan,”tandas Togi.

Tampilan utuh Restomod Honda Grand Civic | Foto: Youtube Garasi Drift

Karena itu, hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan Wire Tuck adalah sambungan kabelnya, karena pasti ada beberapa kabel bawaan yang pendek sehingga harus melakukan pengubahan jalurnya, begitupun sebaliknya sejumlah kabel harus dipotong agar dapat mengefisiensikan proses instalasi wire tuck.
Adapun posisi jalur baru kabelnya  diusahakan memilih tempat yang mudah diakses, sehingga jika ada problem lebih mudah diketahui dan diperbaiki. Kabel lampu biasanya dialihkan lewat fender, kalau kabel mesin tetap lewat firewall tapi jalurnya jadi dibuat satu lubang saja, yang lebih gila-gilaan sampai selang AC juga di custom lewat bawah, jalur rem diubah bikin pipa baru lewat bawah.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles