Potret Transformasi Digital Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dalam Berbagai Tema

NMAA News – Debut dua kendaraan Sport Utillity Vehicle (SUV) kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky pada penghujung April 2021 lalu memanaskan pasar otomotif Indonesia.

Apalagi keduanya sudah diganjar diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil di bawah mesin 1.500 cc. Sudah dipastikan kedua mobil ini banyak diminati. Tubuh kekar dan dimensi yang cenderung kompak juga menjadi daya tarik tersendiri untuk dimodifikasi sesuai selera.

Tak heran meski baru saja dipasarkan sudah banyak kreator virtual yang mulai melakukan rancang bangun modifikasi dari beragam jenis aliran. Seperti para kreator Digimod yang tergabung dalam NMAA Digimodstar.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Adrian Ahmad Ramadhani (@adriaansr_)

Daihatsu Rocky ‘Retro Adventure Concept’

Kreator Digimod Adrian Ahmad Ramadhani, pemilik akun Instagram @adriaansr_ mencoba suguhkan modifikasi simpel dan tetap eye cathing. Pertama, seluruh bodi Daihatsu Rocky dilabur kelir British Racing Green dipadu custom decal sticker seperti model Daihatsu Taft Rocky lansiran lawas.

Kesan agresif Daihatsu Rocky kembali dipertegas dengan pemasangan front cladding dan side skirt custom. Supaya tongkrongannya makin kekar, keempat sumbu roda dipasangkan velg berkelir silver berpenampilan tipe velg BBS CH dengan ukuran ring 18 inci. Atau naik 1 inci dari bawaan orisinal Rocky yaitu ring 17 inci.

Karena desain ini merupakan proyeksi mobil adventure, ditambahkan ruang kompartemen tambahan di bagian atap berupa roof rail dan roof box. 

Toyota Raize Bergaya Racing Look

Kedua mobil kembar ini sebetulnya menyasar konsumen otomotif milenial yang menyukai tampilan dan bentuk SUV. Toyota Raize memang didesain untuk menghidupkan perjalanan penggunanya dalam konsep kombinasi “Bold and Active”pada tampilan eksterior dan “Comfort and Utility”pada bagian interior.

Karena itu, ubahan minimalis yang dihadirkan sudah dinilai cukup untuk diaplikasikan oleh mahasiswa maupun pegawai berstatus fresh graduate. 

Paling mencolok yaitu pilihan velg TE37 sedikit lebih besar dari versi bawaannya. Velg berkelir putih dan aksen tulisan birutersebut dijahit rapi dengan ban mengotak, jarak antara ban dan fender juga masih terlihat proper.  Selain itu, kaki-kaki mobil kian merendah seperti sudah mengandalkan daya topang dari coilover.

Supaya tampilannya makin manis, grill depan Raize sudah memiliki rongga besar. Desain satu ini melengkapi ubahannya dengan Lampu LED kuning.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bayu Hari Wibisono (@bayuhariw)

Toyota Raize SUV Off-road Style

Gaya modifikasi mobil off-road atau penggaruk tanah difokuskan untuk mendongkrak tampilan dan performa. Toyota Raize dapat referensi modifikasi off-road dari hasil olah karya @bayuhariw.

Bahkan, tampangnya sendiri langsung berubah drastis dari versi bawaan Toyota Raize. Bagian depan sudah dilengkapi dengan upgrade kaki-kaki dan pemasangan bumper.Tampang depan sudah dijejali beberapa kebutuhan off-road seperti bumper dan pipa tubular, lampu kabut, lampu sorot juga skid plate yang terpasang presisi.

Beralih ke bagian samping kita bisa temui fender flare di keempat fender, snorkle, dan spion custom. Kesan mobil off-road kian terasa dengan penambahan tinggi ground clearance dipadu  pemilihan velg berpenampilan agresif serta pemilihan ban A/T. Guna menambah manis tampilannya, warna kelir putih berhias side decal dengan warna kombinasi kuning, oranye dan merah.

Di bagian atas terdapat roof rack untuk kapasitas penyimpanan barang serta 6 buah lampu sorot di kedua sisi kiri-kanannya. Sedangkan dibalik kaca transparan yang disematkan terlihat pemasangan rollbar dan dua buah bangku semi bucket seat.

Gimana NMAA Member? Mungkin bisa menginspirasi kalian untuk modifikasi Toyota Raize atau Daihatsu Rocky. Nah, bagi para seniman Digimod yang ingin bergabung dengan NMAA Digimodstar bisa mengikuti akun Instagram @nmaadigimodstar dan berkirim pesan melalui DM Instagram untuk bergabung dengan grup para kreator Digimod nasional.

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles