Yuk Rawat 5 Komponen Penting di Ruang Mesin Secara Mandiri

NMAA News – Kompartemen mesin jadi bagian yang paling luput perawatan dibanding sektor lainnya di mobil. Alasannya macam-macam, mulai karena takut konsleting akibat proses pembersih yang rata-rata pakai cairan, juga karena ada ketakutan merusak hardware di dalamnya saat merawat ruang mesin.

Padahal kalau tahu, sebenarnya merawat ruang mesin mudah sekali dilakukan. Asal memperhatikan beberapa hal berikut ini, dan juga tahu bagian mana yang kira-kira bisa kita periksa dengan mudah.

Gunakan Engine Degreaser

Pemakaian cairan engine degreaser adalah salah satu cara praktis mencuci atau merawat ruang mesin. Anda bisa melakukan di rumah sembari mengisi waktu luang. Di pasaran banyak jenis dan toko yang menjual berbagai macam cairan perontok kotoran ini. Baik model kaleng bertekanan ataupun model cairan yang tinggal disemprot.

Untuk jenis kaleng bertekanan, akann lebih memudahkan proses pembersihan karena tinggal menekan kenob atas seperti cat semprot kalengan. Sementara engine degreaser  dengan botol, harus selalu ditekan untuk mengeluarkan cairan.

Dalam memakai engine degreaser siapkan pula peralatan pendukung yang dibutuhkan merawat ruang mesin. Seperti kuas atau sikat gigi untuk menjangkau celah-celah sempit serta lap secukupnya.

Sebelum memulai, pastikan kondisi mesin dalam kondisi hangat, tidak panas demi keamanan. Lalu semprotkan cairan engine degreaser pada bagian yang kotor. Diamkan sejenak, bila perlu dibantu dengan kuas atau sikat gigi untuk menjangkau celah sempit. Bila sudah, silakan bilas pakai lap basah yang bersih.

Bersihkan Terminal Aki

Aki yang terawat tak hanya membuat mobil bisa bekerja dengan baik, juga memperpanjang usia aki. Salah satu caranya dengan membersihkan aki dari kotoran-kotoran seperti debu hingga partikel sisa oksidasi yang terdapat pada terminal aki. Bila dibiarkan, tentu saja pasokan listrik bisa-bisa jadi tak lancar dan menghambat kinerja mobil secara keseluruhan.

Untuk membersihkannya gunakan battery cleaner. Cairan berbentuk foam ini akan mengikat partikel dan membersihkan sisa oksidasi di terminal aki dengan mudah. Lantas tinggal pakai lap bersih untuk mengeringkannya.

Perpanjang Usia Belt

Kondisi ruang mesin yang selalu panas bakal mempengaruhi kinerja belt. Meski sabuk-sabuk penghubung ini relatif maintenance free, tapi tak ada salahnya memperhatikan kondisinya biar tak terkendala di jalan.

Cara paling mudaha adalah dengan menyemprotkan cairan belt dressing. Selain membersihkan, cairan yang bisa dibeli di toko-toko spare part ini sanggup meminimalisir suara berdecit akibat slip belt dan puli. Belt dressing yang baik juga diklaim bisa menjaga belt dari keausan dalam jangka panjang.

Perhatikan Air Radiator

Saat membuka kap mesin ada baiknya periksa cairan radiator.Apakah cairan tersebut masih normal atau sudah berkurang. Cek juga tabung reservoir apakah posisi radiator coolant sudah di batas aman. Karena jika luput bisa-bisa mobil jadi overheat.

Idealnya, penggantian cairan radiator ini dilakukan setiap 10.000 km. Hal ini untuk menjamin fungsi pendinginan mesin tetap bekerja optimal.

Cek Washer Fluid

Musim hujan belakangan ini sedikit-banyak membutuhkan peran washer fluid untuk membersihkan kaca. Jangan sampai kaca baret karena kotoran yang dipaksa sapuan wiper.

Di pasaran sudah banyak cairan wiper yang mengandung detergen khusus. Ada pula yang hanya menjual konsentrat saja, jadi Anda bisa mencampur dengan air di rumah. Pastikan juga perbandingan antara air dan konsentrat sesuai petunjuk pemakaian.

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles