Cara Aman Pasang Aksesoris Mobil, Pastikan Ada Garansi dan Dipasang Ahlinya

NMAA News – Salah satu kegiatan paling menyenangkan setelah membeli mobil baru adalah memberi aksesoris tambahan di mobil. Tujuannya, untuk membuat tampilan mobil kian berbeda dari yang lain, lebih keren, dan sesuai selera pemiliknya.

Namun, tidak perlu buru-buru memasang aksesoris yang diinginkan tanpa pertimbangkan beberapa hal. Salah satunya, terkait aspek keamanan seperti potensi korsleting listrik atau kecelakaan. Berikut langkah yang harus diperhatikan saat ingin memasang aksesoris mobil.

1. Pilih Aksesoris Sesuai Kebutuhan

Apakah AutoFamily benar-benar butuh aksesoris itu atau hanya ingin tampil beda? Aksesoris yang tidak dibutuhkan dan tidak sesuai estetika malah akan membuat tampang mobil menjadi aneh dan tidak enak dilihat. Termasuk jangan terlalu banyak memasang aksesoris sehingga penampilan mobil menjadi kurang serasi dan proporsional.

2. Sesuaikan dengan Budget

Aksesoris bukan komponen vital pada mobil. AutoFamily tidak perlu memaksakan diri jika dari sisi finansial kurang mendukung. Buatlah daftar aksesoris berdasarkan prioritas, misal mendahulukan kaca film mengingat fungsinya yang penting. Atau membeli tempat sampah dan cargo net jika sering bepergian dengan membawa banyak barang bawaan bersama keluarga tercinta.

3. Perhatikan Spesifikasi Mobil

Jangan asal memasang aksesoris hanya karena suka tanpa melihat apakah sesuai dengan spesifikasi mobil. Seperti membeli aksesoris untuk mobil lain yang akhirnya tidak bisa dipasang atau membeli produk aftermarket yang berbeda dudukan dan konektornya. Belilah aksesoris asli di outlet resmi pabrikan karena biasanya sudah melewati tahapan riset sebelum ditawarkan.

4. Perhatikan Unsur Keselamatan

Pastikan aksesoris tidak mengganggu dalam pengoperasian kendaraan atau menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya memilih kaca film terlalu gelap atau memasang spoiler yang dudukannya tidak sesuai sehingga berisiko copot. Jangan pula memasang aksesoris yang mengganggu kelistrikan untuk mencegah korsleting listrik yang memicu kebakaran.

5. Pilih Bengkel Terpercaya

Selain memilih produk aksesoris yang layak, pemilik kendaraan wajib membeli dan memasang aksesoris di bengkel terpercaya yang memiliki fasilitas memadai dan teknisi andal yang sanggup menjalankan tugas tersebut dengan baik untuk mencegah masalah.

Pemasangan aksesoris asli dengan garansi produk di bengkel resmi, tentunya tidak membuat garansi hilang. Hal ini jelas menguntungkan bagi pemilik mobil yang gemar “mempercantik” kendaraannya.

“Pemasangan aksesoris mobil tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dikerjakan ahlinya guna menghindari risiko masalah nantinya. Khusus kendaraan Toyota, tersedia berbagai aksesoris asli dan resmi di outlet Auto2000. Bisa dipasangkan langsung mekanik bengkel untuk menjamin kualitas dan garansinya,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, melalui keterangan tertulis ke redaksi NMAA.co.id, pada Kamis (17/6/2021).

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,162FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles