NMAA News – Seluruh brand di bawah bendera BMW Group Global (BMW AG) meraih hasil positif di 6 bulan pertama 2021 di seluruh dunia. Tercatat 1,339,080 kendaraan dari BMW, MINI dan Rolls-Royce dikirim ke pelanggan pada semester pertama 2021. Hal ini mengindikasikan, jumlah penjualan naik hingga 39,1%, atau tertinggi sepanjang perusahaan ini berdiri.
Jika dibanding hasil penjualan Semester I 2021 dengan 2019 terdapat kenaikan +7,1%. Khusus di Indonesia, BMW Group Indonesia tahun ini mencatat hasil cemerlang berkat penjualan naik hingga +44,7% dibanding periode sama sebelumnya (YoY 2020). Hasil ini bahkan lebih tinggi jika dibanding Semester I 2019, di mana pandemi Covid-19 belum terjadi.
Menurut Pieter Nota, Member of the Board of Management of BMW AG, Customer, Brands, dan Sales, pihaknya mendapat hasil sesuai strategi pertumbuhan berkelanjutan di 2021. Hal ini diperkuat lini kendaraan terbaru, kembalinya permintaan pelanggan di seluruh dunia, dan kemampuan operasionalnya di tengah tantangan yang ada.

“Kita mampu membukukan hasil penjualan tertinggi sepanjang sejarah perusahaan pada semester awal 2021 ini. Hal yang paling membanggakan adalah penjualan kendaraan listrik yang naik hingga dua kali lipat,” lanjut Nota.
Sebanyak 153,267 kendaraan listrik dihantarkan ke pelanggan pada semester awal 2021. Hasil tersebut membuat BMW Group Global membukukan pertumbuhan penjualan kendaraan listrik hingga +148,5% jika dibanding periode sebelumnya (YoY 2020). “Ke depannya, kita akan perkuat lini kendaraan listrik dengan perkenalkan BMW iX dan BMW i4,” imbuh Nota.
BMW iX dan i4 mewujudkan era baru elektromobilitas untuk BMW, kedua model ini akan tersedia di Indonesia pada tahun 2022. BMW Group memprediksi kendaraan full-listrik akan mewakili 50% penjualan global di 2030.

Pada semester pertama tahun ini, 1,178,292 kendaraan BMW dihantarkan ke para pelanggan di seluruh dunia, naik +39,9% dibandingkan periode sebelumnya. Tiga seri kendaraan penjualan global terbanyak adalah BMW Seri 3 dengan pertumbuhan hampir dua kali lipat, naik +49,1%, lini lengkap kendaraan BMW X3 dengan pertumbuhan 43,9% dengan 3 pilihan mesin (ICE, PHEV dan Full EV-), dan BMW Seri 5 dengan pertumbuhan penjualan hingga +33,3% jika dibandingkan periode sebelumnya.
Sedangkan peningkatan penjualan MINI ditandai minat besar di kendaraan listrik. Di 6 bulan pertama 2021 ini, MINI menjual kendaraan hingga 157,799 unit di seluruh dunia, atau naik +32,6%. Peningkatan penjualan ditunjukkan ketertarikan pelanggan global terhadap kendaraan listrik dari MINI.

Penjualan MINI SE dan MINI Countryman PHEV mewakili penjualan global brand MINI hingga 15% di semester pertama ini. Performa penjualan BMW Group yang baik juga terjadi di seluruh dunia dengan permintaan kuat di China yang membukukan pertumbuhan +41,9% atau total 467,064 unit kendaraan dihantar ke pelanggan.
Di negara Asia lainnya, Korea Selatan juga membukukan performa penjualan baik dengan pertumbuhan melewati +34,6% jika dibanding periode sama tahun lalu.