Legende Automobiles Lakukan Restomod Renault 5 Turbo 3, Hasilnya Hot Hatch 400 HP!

NMAA News – Berbicara di dunia mobil, sebuah perusahaan otomotif yang berbasis di LA pernah melontarkan kekangenannya akan sebuah sosok mobil retro-klasik di era digital. Mereka mengatakan, “Di dunia yang semakin digital, kami mendambakan mesin waktu yang dapat membawa kita kembali ke analog tahun 80-an”.

Selanjutnya, mereka juga menambahkan kenangannya itu, “Bagaimana jika tidak ada kompromi? Lantas, bagaimana jika kita mengambil bagian terbaik dari kedua mobil di dua era tersebut, dan menggunakan teknologinya hanya untuk meningkatkan elektrifikasi dan bobot sebuah mobil?”

Foto: Legende Automobiles

Akhirnya, sebagian pertanyaan tersebut terjawab dalam tren restomod yang belakangan ini mulai marak. Baik skala nasional maupun internasional. Berbagai mobil klasik-retro kini dibangun ulang dengan menyematkan teknologi plus aplikasi komponen anyar yang membuatnya menjadi lebih bertaji.

Seperti yang dillansir laman Hypebeast.com, rumah modifikasi dan restorasi Garage Legende Automobiles yang bermarkas di Chambourcy, France, sukses melansir hasil restorasi dan modifikasi yang dilakukan pada Renault 5 Turbo 2 yang pernah nge-hits di era 1980-an dengan keikutsertaannya di dunia balap.

Legende Automobiles menjuluki mobil hasil restorasi dan modifikasinya ini dengan Turbo 3, karena mengambil basis dari Renault 5 Turbo 2 (R5 T2) yang merupakan salah satu hot-hatch terpanas yang mendominasi jalur balap era tahun 1980-an. Hingga kini, Renault 5 Turbo 2 masih banyak dicari para kolektor karena memiliki mesin dengan performa dahsyat.

Foto: Legende Automobiles

Sulitnya mendapatkan unit R5 T2 sementara banyak orang mencarinya, yang akhirnya menggerakkan Legende Automobiles membangun versi terbaru R5 T2 dengan berjuluk ‘Legende Automobiles Turbo 3’, sebuah perlakuan restomod yang mengambil basis inspirasi dari sosok Renault 5 Turbo 2 yang telah dirombak luar-dalam.

Legende Automobiles Turbo 3 menjanjikan sosok dan karakter T2 yang tidak memiliki batas, menjadi model yang terbaik dari semua jenis R5, dan sudah optimal menerapkan berbagai kenyamanan modern dalam bungkus performa dan tampilan menggoda.

Dengan mengacu pada sosok R5 T2, Turbo 3 sepenuhnya dibuat dari salinan serat karbon handmade seperti versi Turbo 2, dengan beberapa penyesuaian komponen bodi dibanding R5 T2. Misalnya, bagian fender depan-belakang yang telah diperlebar secara signifikan agar sesuai aplikasi pelek kustom 16”x8” di depan dan pelek 17”x11” di belakang.

Foto: Legende Automobiles

Perwajahan depan juga dimodernisasi sehingga terlihat kekinian. Sepasang lampu depan LED plus DRL disematkan yang diimbangi desain baru pada kap mesin, gril, bumper, dan spoiler depan. Di belakang, kaca samping dibingkai cover serat karbon dengan kisi ventilasi udara yang dibuat khusus dan menempel pada pilar C, sayap belakang yang diperpanjang dan streamline dari pilar A, serta diffuser dalam dua bagian yang masing-masing menampung satu set knalpot model persegi.

Secara keseluruhan, Turbo 3 adalah penghormatan kontemporer ke masa lalu yang lebih dari sekadar estetika. Sementara eksterior dan interiornya merupakan turunan dari hot hatch tahun 1980-an, menampilkan branding stiker Turbo 3 yang bergaya Turbo 2 klasik di pintu, model pelek reli, stiker ‘Turbo 3’ pada kaca depan, hingga interior bergaya sporty-minimalis namun modern pada panelmeternya.

Foto: Legende Automobiles

Turbo 3 kini menghadirkan nuansa retro-modern. Sebuah desain gabungan restomod yang sangat bersih, segar, dan unik. Turbo 3 terlihat unik lantaran orang awam sekalipun tetap dapat langsung mengenali kalau sosok ini adalah sebuah Renault 5 yang direstomod.

Dikutip dari Hypebeast.com, untuk soal tenaga, TopGear melaporkan bahwa detail modifikasi mesinnya sendiri tidak diungkapkan, namun tenaganya mencapai 400 HP. Hal inilah yang juga bakal unik dan menarik setiap calon peminatnya untuk membeli. Kendati Legende Automobiles Garage belum resmi mengonfirmasi harga jualnya.

Sumber: Hypebeast, Foto: Legende Automobiles Garage

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,497FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles