Punya Fitur Spesial, Ini Keunggulan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Dibanding Pesaingnya

NMAA Newstorial –  Setelah hadir perdana di Indonesia secara World Premiere di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam, akhirnya pada Juni 2020 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi merilis penampilan baru dari Mitsubishi Xpander.

Sejak kehadiran pertamanya, Xpander langsung menuai respon positif dan luar biasa masyarakat Indonesia. Imbasnya, model flagship Small MPV Mitsubishi Motors tersebut kini berhasil bersaing di posisi atas segmennya. Hingga sekarang, tercatat sudah lebih dari 150.000 unit Xpander menemani mobilitas keluarga Indonesia.

Langkah penyegaran Mitsubishi Xpander merupakan strategi MMKSI dalam memberi berbagai fitur lebih lengkap bagi konsumennya. Adanya penambahan fitur dan perubahan desain Xpander terbaru ini membuatnya unggul dengan fitur terkomplit di kelasnya.

Mitsubishi New Xpander 2020

“Pertama hadir di pasar otomotif Indonesia, Mitsubishi Xpander disambut antusiasme dan permintaan luar biasa. Kehadiran Xpander di Indonesia menorehkan sejarah bisnis Mitsubishi di Indonesia. Agar tetap mampu memenuhi keinginan masyarakat Indonesia, kami sempurnakan fitur dan tampilan Xpander sebagai mobil keluarga modern,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Adapun berbagai ubahan dan fitur terbaru yang semakin menguatkan keunggulan Xpander MPV dibanding kompetitornya yakni:

Eksterior

Tampilan luar Xpander kini semakin stylish dengan sentuhan garis desain Dynamic Shield sebagai DNA Mitsubishi Motors Corporation yang dipadu Dynamic Front Grille Design yang tangguh dan kokoh.

Di sektor roda, desain velg Xpander tampil baru dengan 16-inch Two Tone Alloy Wheel yang terlihat lebih sporty. Tampilan sporty juga terlihat pada bagian belakang atap mobil yang kini dilengkapi Shark Fin Type Antenna yang sekaligus memberi nilai tambah estetika varian Ultimate, Sport, dan Exceed.

Interior

Masuk kabin, Mitsubishi Xpander menawarkan New Beige Seat Pattern dengan nuansa nyaman serta mewah untuk varian Ultimate dan Exceed, serta New Black Seat Pattern yang sporty dan modern pada varian Sport.

Dengan penyegaran interior, Xpander tetap memberi kenyamanan seluruh anggota keluarga dengan kabin luas, senyap, dan dilengkapi 16 ruang penyimpanan multifungsi di semua sisinya untuk memberi kemudahan dan keleluasaan keluarga saat beraktivitas di tengah perjalanan.

Selain itu, tampilan interior kini menjadi semakin menarik berkat New Accent Instrument Panel dan Door Trim Wood Panel pada varian Ultimate dan Exceed, serta Door Trim Silver Panel pada varian Sport.

Untuk varian Ultimate dan Sport, pada bagian Head Unit, disematkan 7-inch Touch Screen Audio dengan Smartphone Connectivity menambah kenyamanan dan kemudahan saat berkendara.

Khusus varian Sport, kini dilengkapi fitur Hands Free Steering Switch yang memudahkan pengendara tetap terkoneksi dengan telepon namun tetap aman selama mengemudi.

Fitur dan Keamanan

Xpander kini hadir dengan fitur semakin mengoptimalkan visibilitas dan memberi kenyamanan pengendara dengan disematkannya lampu LED pada bagian head lamp dengan lighting range lebih luas. Visibilitas pengendara tetap maksimal saat dalam kondisi kabut atau embun berkat adanya Rear Window Defogger varian Ultimate, Sport, dan Exceed.

 

Untuk optimalkan keamanan berkendara, Xpander kini dilengkapi rear parking sensor dengan peringatan bunyi saat mendeteksi ada obyek menghalangi mobil saat parkir mundur. Seluruh varian Xpander terbaru juga disematkan fitur New Dual Horn dalam memberi isyarat ke pengendara lain selama berkendara.

Fitur Unggulan Xpander Cross yang Membedakan dengan Xpander MPV

Sebelum perkenalan model facelift Xpander dilakukan pada Juni 2020, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) lebih dulu melansir model terbarunya, Mitsubishi Xpander Cross, secara world premiere yang dilakukan secara meriah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Selasa, 12 November 2019.

Hadirnya Xpander Cross ini menjadi varian tertinggi Mitsubishi Xpander oleh MMKSI. Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam 3 varian; Xpander Cross M/T, Xpander Cross A/T, dan varian tertinggi dengan jok kulit, Xpander Cross Premium Package A/T.

Dalam peluncuran tersebut, Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan, Xpander Cross merupakan keluarga tertinggi Xpander yang menggabungkan kenyamanan MPV dengan ketangguhan SUV. Sebagai varian tertinggi, Mitsubishi Xpander Cross juga memiliki tampilan berbeda dari Xpander MPV sebelumnya.

Meski keduanya memiliki basis sama, namun ada beberapa hal menjadi pembeda, sekaligus menjadikannya unggul dibanding model sejenis dari pesaingnya dalam segmen yang sama. Beberapa fitur Xpander MPV turut disematkan pada Xpander Cross. Berikut beberapa perbedaan antara Xpander Cross dengan Xpander.

1. Tampilan Eksterior

Jika Mitsubishi Xpander memiliki nuansa chrome di eksterior, maka Xpander Cross tidak. Dari sisi luar, terlihat jelas perbedaan antara Xpander Cross dengan Xpander biasa dari semua sisi.

Di depan, terlihat jelas jika Xpander Cross menggunakan desain bumper berbeda dari Xpander MPV, dengan desain lebih kotak sehingga terlihat lebih gagah. Desain grille depan juga berbeda dengan balutan warna hitam.

Lampu depan Xpander Cross sudah menggunakan LED. Sementara Xpander menggunakan bohlam halogen. Rumah lampu Xpander Cross terlihat sedikit berbeda dengan Xpander MPV, hal ini karena perbedaan desain bumper depan.

Di bodi samping, Xpander Cross memiliki wheel arch molding berwarna hitam pada over fender dan side body garnish yang membuat tampilannya kental nuansa SUV. Sektor roda juga sudah mengusung velg desain baru ring 17 inci alloy. Lebih besar dari Xpander MPV yang menggunakan velg 16 inci.

Pada bagian atap disematkan roof rail yang tidak ada pada Xpander biasa, ditambah lagi antena Shark Fin sebagai standar di Xpander Cross. Pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate lebih besar di bagian bawah bumper.

2. Dimensi

Xpander Cross menggunakan basis Xpander MPV, namun dengan gaya lebih kental aura SUV-nya. Maka, secara dimensi mengalami sedikit perbedaan. Xpander Cross memiliki bodi lebih besar dibandingkan Xpander biasa.

Secara dimensi, Xpander Cross lebih panjang 22 mm (4.500 mm), lebih lebar 50 mm (1.800 mm), dan lebih tinggi 50 mm (1.750 mm) dibandingkan Xpander.

3. Suspensi 

Sebagai crossover, Mitsubishi mendandani ulang suspensi lebih kuat. Konfigurasinya sama, menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang. Namun damper, pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih.

Kemudian jarak pijak tanah (ground clearance) Xpander Cross didesain lebih tinggi menjadi 225 mm. Lebih tinggi 20 mm dari Xpander standar berjarak 205 mm. Hal ini tentunya membantu saat harus berhadapan medan sulit atau melibas genangan saat musim hujan.

4. Interior 

Xpander Cross memiliki nuansa warna gelap lebih dominan di kabin, mulai trim pada jok, dashboard, dan pintu. Kombinasi warna hitam dan coklat menghiasi kabin Xpander Cross. Jok berbahan dasar fabric ada untuk transmisi manual dan otomatis, sedangkan versi jok kulit disematkan pada opsi tertinggi Xpander Cross Leather Seat Premium Package.

5. Fitur

Untuk fitur, sebagai varian tertinggi di Xpander maka fiturnya pun paling lengkap. Selain fitur yang sudah ada di Xpander tipe Ultimate seperti dual airbagsactive stability & traction controlcruise control serta hill start assist.

Untuk pengereman masih sama, mengandalkan cakram di depan dan model tromol (drum) di roda belakang dengan teknologi terkini yaitu ABS (anti-lock brake system), EBD (electronic brake distribution) dan BA (brake assist).

Xpander Cross juga sudah dilengkapi Cruise Control dan layar infotainment 7 inci yang mendukung koneksi smartphone dan rear view camera. Hal ini setara fitur yang juga ada pada Xpander Ultimate.

Perbedaan Xpander Cross semakin lengkap berkat fitur parking sensor, yang sebelumnya tidak terdapat di Xpander tipe apapun. Satu lagi, Xpander Cross ini juga memiliki fitur defogger di kaca belakang yang sebelumnya tidak ada di Xpander tip apapun.

Mesin Xpander Cross masih sama dengan Xpander, yakni tipe 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-valve. Mesin berkapasitas 1.499 cc itu berdaya 102 hp dan torsi 141 Nm. Transmisi yang digunakan juga masih sama, ada dua pilihan 4-speed AT dan 5-speed MT.

Layanan Purnajual Xpander MPV dan Xpander Cross

Sebagai mobil keluarga dengan fitur terlengkap di kelasnya, Mitsubishi Xpander juga tetap menawarkan layanan purnajual yang memudahkan konsumennya. Setiap pembelian Xpander, Anda akan mendapatkan gratis biaya jasa (sesuai manual book) setiap perawatan berkala hingga 4 (empat) tahun atau 50.000KM.

Jika dihadapkan dalam kondisi darurat, konsumen Xpander juga dapat dengan mudah mendapatkan layanan melalui 24-Hours Emergency Service. Tidak hanya kemudahan layanan, Xpander juga menguntungkan konsumen melalui resale value yang sangat baik. Dengan total biaya kepemilikan kendaraan menguntungkan konsumen, menjadikan Xpander pilihan yang pintar dan benar untuk keluarga Indonesia.*

Foto-foto: MMKSI

 

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,497FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles