Brio Turbo Garapan Om Mobi, Kental Nuansa Rally Berlimpah Part Aftermarket Istimewa

NMAA News – Hari ini, Minggu (1/8/2021) mobil modifikasi Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021: Pekanbaru terungkap. Sejumlah part aftermarket karya para tuner spesialis Tanah Air turut melengkapi ubahan pada setiap sektor modifikasinya. Seperti tradisi gelaran IMX, momen pengenalan mobil modifikasi sebagai supergiveaway menandakan gelaran acara yang semakin dekat.

Dalam unggahan video di kanal YouTube Om Mobi, influencer penggemar mesin turbo ini terlihat antusias. Lantaran, bisa melihat secara langsung mobil modifikasi garapannya setelah menetap sementara di Bali. Berkat kerjasama tim yang terdiri dari para tuner aftermarket lokal, meskipun terdampak pandemi Covid-19 estimasi pengerjaan modifikasi selesai tepat waktu.

“Ini salah satu hal penting yang membuat kami pulang ke Jakarta. Sebelumnya sudah enggak sabar lihat di video saja. Bahkan auranya mulai terasa sampai ke Bali. Pokoknya tambah kenceng dan keren,” buka Om mobi dalam unggahan video YouTube berjudul ‘Brio Turbo Dicoba Langsung Oleh Om Mobi’.

Foto: YouTube Om Mobi

Dipandu host NMAA TV, Rudy Ghupta, momen tersebut dimulai ketika Om Mobi membuka sarung mobil hitam yang membungkus Brio Turbo. Sembari menjelaskan cara mendapat Brio Turbo di gelaran Road to IMX: Pekanbaru, Om Mobi meluapkan kebahagiaannya. Lantaran, mobil bergaya rally ini cukup mendekati desain kasar yang sempat digambar.

“Ini catnya mulus sekali setelah dibungkus Belkote Paints. Lalu moncongnya kini berubah lebih modern sedangkan bagian buritan tetap dibuat khas deretan hatchback legendaris Honda. Sedangkan decal terlihat rapi dan kental nuansa agresif,” ulasnya.

Ubahan lampu depan menampilkan wujud modern berkat sentuhan modifikasi Yoong Motor dan Osram Indonesia. Bagian reflektor sudah dibuat black housing ditambah model lampu sein baru.

Baca: Meski Terganjal PPKM, Om Mobi Konsisten Rampungkan Proses Modifikasi Honda Brio Turbo

Foto: YouTube Om Mobi

Serangkaian part aerodinamika versi facelift juga memperkaya kesan rally yang kentara. Dari bumper depan, kap mesin, dan sisipan airscoop. Senada bagian depan, bagian buritan tampak dramatis oleh pemasangan wing berukuran sedang, bumper belakang, dan diffuser.

Baca: Update Modifikasi Honda Brio Turbo: Ubahan Eskterior dan Interior Bergaya Racing Tetap Proper Dipakai Harian

Foto: YouTube Om Mobi

Bagian samping terdapat side skirt custom dan ubahan di keempat roda. Yaitu velg Torsion TR-20 berukuran 15×7 inci. Velg tersebut dibalut ban Yokohama Advan Fleva 195/50R15. Daya topang tersebut disenjatai coilover Infiniti besutan Eldee Suspension dilengkapi peredam per dari Prime Suspension.

Berlanjut ke ruang interior hasil garapan Vertue Concept dan Axis Leather Car Seat menghasilkan aura sporty. Seperti diketahui, model jok bucket seat Hoop Kastem terpasang di baris pertama. sejumlah area di interior dengan cat berwarna hitam.

Seatbelt juga dipilih warna kuning untuk mengimbangi ubahan serba gelap di ruang interior | Foto: YouTube Om Mobi

Unsur sporty juga diwujudkan melalui pengaplikasian warna hitam dari kain pelapis suede dari mulai bangku jok kemudi, bangku di di jok kiri depan, jok belakang, plafon, dan door trim.

Pastinya, mesin Brio standar sudah digali ulang oleh Garage Auto Werks, Bandung. Ubaha mesin mengalami peningkatan signifikan. Dari mulai pemasangan doping turbo CT09 milik Toyota Hybrid, intercooler kit custom dan core Apexi, dan stainless piping supaya dapat mengalirkan udara lebih baik.

Honda Brio Turbo garapan MotoMobiTV dijejalkan turbo CT9 untuk mengoptimalkan tenaga mesinnya | Foto: Youtube Om Mobi

Supaya dapat menakar bahan bakar lebih baik diberi suntikan fuel system piggyback lansiran ECU Shop: OctanRev dilengkapi fitur launch control, flatshift dan antilag. Sedangkan injector diambil dari bawaan mesin K20A.

Filter udara juga dibuat open filter supaya dapat lebih menyedot semua akses udara yang akan dihisap ke ruang bakar. Sebab, lebar pori-porinya mempermudah udara masuk ke dalam pembakaran lebih besar.

Foto: YouTube Om Mobi

Alhasil, tenaganya meningkat hingga 30 dk. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 102,6 Dk on wheel dengan tekanan boost turbo 0,4 bar. Tekanan turbo tersebut mempertimbangkan internal mesin yang masih standar, sehingga masih dapat dipakai harian dengan aman dan nyaman. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 144 Nm on wheel.

Jangan lupa, penjualan tiket Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Pekanbaru hanya tersisa 4 hari lagi sebelum ditutup. Tepatnya pada 5 Agustus pukul 23.59 WIB. Hingga saat ini masih tersedia 2 kelas tiket yang bisa dibeli dengan mudah. Yaitu Bronze (Rp60 ribu) dengan 3 kupon undian Supergiveway, dan Silver (Rp 150 ribu) dengan 10 kupon undian Super giveaway. Tiket tersebut dapat dibeli melalui www.loket.com, www.go-tix.id, atau kunjungi www.imx2021.net

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,503FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles