Yuk, Cuci Ban Mobil! Perhatikan Tata Caranya Supaya Tetap Mengkilap

NMAA News – Jika velg bisa diibaratkan seperti sepatu bagi manusia, ban adalah sol sepatu yang langsung mengalami kontak dengan jalan. Jadi tidak mungkin mengharapkan tapak ban bisa bersih seperti saat masih baru.

Namun bukan berarti dinding ban bisa dibiarkan tetap kotor. Akan terlihat konyol jika velg sudah bersih mengilap tapi ban masih berlumuran kotoran. Selain tak sedap dipandang, kotoran yang didiamkan di ban lama kelamaan bisa merusak si karet bundar. Itu sebabnya membersihkan ban menjadi sesuatu yang wajib dilakukan berbarengan dengan aktivitas mencuci mobil.

How-to-Clean-Car-Wheels

Membersihkan ban adalah tahap terakhir dari mencuci mobil. Artinya, kalian harus lebih dulu mencuci bodi, membersihkan kaca, dan mencuci velg. Maksdunya supaya kotoran dari bagian lain ini tak kembali mengotori ban yang letaknya di bawah.

Agar bersih sempurna memang ban harus dicuci dan disikat untuk merontokkan kotoran dari permukaan dindingnya yang memiliki tekstur. Dan setelah bersih dari kotoran, proses pembilasan juga mesti diperhatikan agar jangan sampai ada sisa sabun atau pembersih di atasnya.

Car wash

Setelah itu ban sebaiknya dibubuhi semir yang berguna untuk mencegah karet ban menjadi kering saat terpapar panas matahari. Ada beberapa jenis semir yang tersedia di pasaran jika dilihat dari cara aplikasinya. Bisa berbentuk cairan yang harus dioleskan menggunakan kuas atau spons, ada juga yang berbentuk semprotan dalam kaleng bertekanan.

Selain itu bisa manfaatkan pembersih ban instan yang sekaligus berfungsi sebagai pengilap atau semir. Produk ini memiliki formulasi yang mengandung busa pembersih sehingga bisa membersihkan kotoran pada ban dengan langkah mudah. Hanya dengan menyemprotkannya ke permukaan dinding ban, busa pembersih akan langsung merontokkan kotoran, dan menghasilkan tampilan ban mengilap.

617fWc9r9pL._SL1000_

Karena bukan produk baru yang masih asing, pembersih ban instan ini mudah dijumpai di pasaran. Produsen-produsen car-care terkemuka biasanya memiliki produk pembersih ban dalam kaleng bertekanan. Biasanya disebutkan dalam kemasan bahwa produk ini mengandung busa pembersih, atau berfungsi sebagai pembersih ban (instant tire cleaner).

Related Articles

Stay Connected

22,497FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles