GR Supra dan GR Yaris: Performance Car Produk Toyota GAZOO Racing Versi Jalan Raya

NMAA Newstorial Sejarah motorsport Toyota sudah dimulai sejak lebih dari 60 tahun lalu. Selama kurun waktu tersebut, Toyota mencetak berbagai kisah di bawah kondisi ekstrem trek balap untuk membangun mobil baru di masa depan.

Semua aktivitas di arena balap mengasah sensor dan insting engineer Toyota untuk mengembangkan mobil balap yang memenuhi tuntutan di lapangan. Kerasnya persaingan membuat teknisi mengerahkan segenap energi dan ilmunya hingga batas tertinggi meracik mobil balap yang sanggup berkompetisi, bahkan memenangkan persaingan.

Lantas, apa yang terjadi jika limpahan pengetahuan teknis yang tidak bisa diperoleh dari balik meja desain atau trek uji kendaraan internal tersebut dibawa ke bagian riset pengembangan mobil baru?

Foto: Pressroomtoyotastra.com

Tentunya segudang ide segar ini bisa diaplikasikan pada mobil produksi massal. Toyota GAZOO Racing (TGR) menyempurnakan setiap aspek di motorsport untuk diterapkan di jalan raya dunia. Tanpa ragu TGR menerapkan pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dengan cara ini sebagai umpan balik. Mobil yang diciptakan sanggup memenuhi ekspektasi pelanggan, baik performa dan daya tahannya di jalan.

Produk TGR pertama yang ditempa kerasnya sirkuit balap adalah GR Supra, sebagai ‘alumni’ Sirkuit Nürburgring, Jerman. Mulai dari sketsa di kertas kosong, GR Supra dilatih supaya mampu menaklukkan sirkuit berjuluk Green Hell ini.

Masukan pembalap profesional dan test driver TGR membentuk karakter dan performa GR Supra. Masukan ini dirancang mampu menyalurkan rasa bahagia saat driver berada di balik kemudi tanpa perlu khawatir kehilangan kendali.

Launching Toyota GR Supra pada 2019, foto: pressroomtoyotaastra.com

Memacu GR Supra tidak sekadar kencang, tapi juga memuaskan gairah penggunanya berbekal keandalan menaklukkan berbagai sudut trek Nürburgring.

Produk racikan TGR selanjutnya yang begitu menggoda sports car enthusiast di seluruh dunia adalah GR Yaris. Hot hatch ini menyerap DNA balap Toyota Yaris WRC yang berhasil
mengail prestasi mengagumkan di ajang reli dunia.

GR Yaris merupakan produk global yang diproduksi secara terbatas guna memenuhi syarat homologasi WRC. Reli dunia memanfaatkan jalan sama persis dengan jalan yang dipakai pelanggan Toyota di seluruh dunia.

Berkat penambahan dan input dari pembalap profesional dan test driver Toyota yang berpengalaman, membuat GR Yaris terasa sangat fun to drive dan bersahabat di tangan pengemudi umum saat dipakai kebutuhan harian.

Bahkan hingga tahap manufaktur, GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pabrik
Toyota di Motomachi yang dikenal memiliki sejarah panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota.

Proses perakitan GR Yaris dilakukan tim takumi yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi. GR Yaris adalah sebuah sports car yang dikembangkan bermodalkan metode reverse engineering, di mana keterampilan dan performa arena balap diturunkan ke produk massal.

Sebelumnya, biasanya justru kendaraan jalan raya yang disesuaikan supaya dapat bersaing di lintasan balap. Pendekatan baru ini memastikan GR Yaris memiliki built quality mengagumkan, sekaligus menawarkan pengalaman berkendara menyenangkan.

Dengan daya pikat dimiliki, kedua produk sports car GR tersebut mendapat sambutan positif di Indonesia meskipun dibatasi status limited edition. Ketertarikan pelanggan yang melampaui ekspektasi ini memberi semangat Toyota Indonesia untuk menyajikan pilihan produk TGR yang lebih luas lagi melalui line-up GR Sport.

Seperti diketahui, pada 9 Agustus 2021 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperluas pilihan lineup Toyota GAZOO Racing di Indonesia dengan memperkenalkan 4 model tambahan GR Sport sekaligus yaitu Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport dan 1 model GR karya anak bangsa, yaitu Veloz GR Limited.*

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,587FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles