Mitsubishi Xpander Rally Team Tempati Podium Runner up Kejurnas Sprint Rally 2021 Putaran 2

0
- Advertisement -

NMAA News – Setelah sukses dengan Kejurnas Sprint Rally Putaran 1 pada April 2021 silam,  Kawasan Tanjung Lesung, Banten, kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021 untuk Putaran 2. Bertajuk “Merdeka Speed & Sprint 2021”, event balap bergengsi di tingkat nasional ini berlangsung pada 22-24 Oktober 2021.

Diwarnai hujan yang mengguyur deras, kejuaraan berlangsung sangat kompetitif. MITSUBISHI XPANDER RALLY TEAM, lewat pereli nasonal Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan, tetap mampu berada di deretan atas pereli terbaik nasional. Padahal di medan gravel ini Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi tunggangan Rifat Sungkar dan M. Redwan menemui berbagai kendala.

Pada SS1 yang berlangsung di pagi hari, terjadi masalah di bagian turbo dan membuat mobil mendadak mati saat start. Meski masih dapat melanjutkan lomba, Rifat Sungkar tidak dapat memacu kendaraanya secara maksimal.

Pasalnya, di tengah lintasan intercooler mobilnya menjadi overheat, laju mobilpun menjadi terhambat. Di SS1 itu Rifat dan Redwan harus puas berada di peringkat 4 dengan mencatat waktu 05:43.0 atau tertinggal 8 detik di belakang posisi pertama yang dipegang oleh pasangan H.M Rihan Variza dan Andy Rendy.

Setelah kerusakaan diperbaiki, Rifat Sungkar dan M. Redwan mampu tampil perkasa di SS2 dengan mencatat waktu 02:42.5 dan tampil menjadi yang tercepat di stage yang dimulai setelah shalat Jumat itu. Dengan hasil tersebut, pereli MITSUBISHI  XPANDER RALLY TEAM itu mampu memangkas catatan waktunya hingga 8 detik untuk mendekati pemuncak klasemen.

Dengan hasil bagus di SS2, optimisme kembali menguat untuk menghadapi stage pamungkas yaitu SS3. Sayangnya, keadaan berkata lain. Menjelang start, hujan deras mengguyur arena. Kondisi ini membuat keadaan kembali sulit, apalagi Xpander AP4 mendapat urutan start di bagian akhir, sebuah kondisi yang jauh dari menguntungkan.

Selain karena lintasan sudah hancur, terhalang pula oleh mobil-mobil yang start di depannya yang menemui kendala namun masih berada di trek. Mobil pun tidak dapat dipacu maksimal.

Di SS3 itu catatan waktu semua peserta di Kelas M, yang mendapat giliran start di bagian akhir, melorot tajam termasuk Rifat Sungkar dan M. Redwan. Pasangan mpereli MITSUBISHI  XPANDER RALLY TEAM itu harus puas berada di posisi kedua dengan catatan waktu 11:07.5.

“Pada event kali ini kami mengalami berbagai kendala, mulai dari kendala teknis maupun cuaca. Setelah tidak maksimal di SS pembuka, kami berhasil memperbaiki catatan waktu di SS2. Sayangnya hujan deras mengguyur menjelang Kelas M memulai lomba, sehingga semakin sulit membukukan catatan waktu yang bagus,” ucap Rifat Sungkar.

Dengan berbagai masalah yang dihadapi, Rifat Sungkar dan M. Redwan masih mampu membawa MITSUBISHI XPANDER RALLY TEAM menjadi juara kedua di akhir lomba. Bahkan poin mereka berdua di Klasemen Umum Kejurnas Sprint Rally 2021 masih berada di posisi teratas, belum tersalip lawan-lawannya.

Rifat Sungkar sendiri tetap optimis Mitsubishi Xpander AP4 masih mampu memberikan yang terbaik pada putaran berikutnya sekaligus mengamankan gelar Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021.                                                                              

- Advertisement -