Pelek dan Ban Mobil Juga Mesti Dirawat Supaya Tetap Kinclong, Ini Caranya

- Advertisement -

NMAA News – Memasuki musim penghujan, tak mudah memang dalam menjaga kebersihan kendaraan roda empat, khususnya bagian pelek dan ban. Apalagi kedua bagian ini tidak bisa dilakukan secara asal. Jika salah penanganan, besar kemungkinan akan membuat tampilannya lebih kusam dan mengganggu tampilan mobil secara keseluruhan.

Oleh karena itu, simak dulu tips mudah mencuci pelek dan ban secara mandiri di rumah, berikut ini.

Cuci Pelek

Sebelumnya pastikan fender dan bodi sudah dicuci dan bersih terlebih dahulu, karena kalau belum, air yang bercampur kotoran dan noda dari bodi dan fender akan kembali hinggap di permukaan pelek.

Kemudian disarankan untuk secepat mungkin membersihkan velg setelah berkendara saat hujan atau setelah menerjang genangan air. Sehingga kotoran tak singgah berlama-lama dan mengundang karat. Untuk menjangkau sudut velg yang sempit, Anda bisa gunakan kuas, sikat atau sikat gigi.

Foto: Meguiar’s

Tips mencuci pelek juga dalam pemilihan waktu, yakni tepat pada sore hari. Alasannya, pada sore hari matahari tak lagi terik dan suhu lebih terjaga, sehingga kemungkinan timbulnya jamur pada velg bisa diminimalisir.

Setelah itu, barulah cuci bagian lips dan face pelek menggunakan shampo atau cairan pembersih khusus untuk eksterior. Tapi, hati-hati untuk pelek dengan finishing krom, pakailah cairan pembersih khusus atau menggosok perlahan menggunakan pembersih logam metal polish.

Cuci Ban

Kalau pelek diibaratkan seperti sepatu bagi manusia, ban adalah sol sepatu yang langsung mengalami kontak dengan jalan. Jadi tidak mungkin mengharapkan tapak ban bisa bersih seperti saat masih baru.

Namun bukan berarti dinding ban bisa dibiarkan tetap kotor. Sebab, kotoran yang didiamkan di ban lama kelamaan bisa merusak si karet bundar. Itu sebabnya membersihkan ban menjadi sesuatu yang wajib dilakukan berbarengan dengan aktivitas mencuci mobil.

Membersihkan ban adalah tahap terakhir dari mencuci mobil. Setelah proses mencuci bodi, dan membersihkan kaca. Supaya kotoran dari bagian lain ini tak kembali mengotori ban yang letaknya di bawah.

Agar bersih sempurna memang ban harus dicuci dan disikat untuk merontokkan kotoran dari permukaan dindingnya yang memiliki tekstur. Dan setelah bersih dari kotoran, proses pembilasan juga mesti diperhatikan agar jangan sampai ada sisa sabun atau pembersih di atasnya.

Kemudian dibubuhi semir untuk mencegah karet ban menjadi kering saat terpapar panas matahari. Ada beberapa jenis semir yang tersedia di pasaran jika dilihat dari cara aplikasinya. Bisa berbentuk cairan yang harus dioleskan menggunakan kuas atau spons. Bisa juga memanfaatkan pembersih ban instan yang memuat fungsi pengilap atau semir.

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles