Proyek Keroyokan Digimod Veloz-Xenia Garapan Member NMAA Digimodstar

- Advertisement -

NMAA News – Kabar peluncuran mobil MPV sejuta umat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan dirilis akhir tahun ini jadi perbincangan hangat. Menariknya, dua mobil dari anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) mendapat pembaharuan major change dengan ubahan cukup spesifik.

Sejumlah fakta yang beredar semakin membuat masyarakat penasaran dengan tampilan barunya nanti. Tapi di kalangan para desain digimod, justru jadi kanvas berkreasi. Terhitung sebanyak 9 orang kreator visual dalam NMAA Digimodstar mendandani ulang tampilan Toyota Veloz dan Daihatsu Xenia usai mendapat sentuhan modifikasi bergaya mobil balap Time Attack.

“Project Veloz-Xenia ini adalah kali ketiga kami melakukan  ‘Project  Keroyokan’ setelah sebelumnya sempat menggarap digimods Mobilio dan Esemka. Memang secara rutin member NMAA Digimodstar melatih skill secara serempak di project kolaborasi seperti ini,” ujar Azra kepada NMAA Media.
Foto: Ist @nmaadigimodstar
Diketahui, konsep mobil modifikasi Time Attack disepakati oleh 9 member Digimodstar untuk menghadirkan gaya modifikasi out of the box khususnya di unit berjenis MPV 7-seater.
“Terlebih lagi kami (NMAA Digimodstar) menuangkan ide modifikasi pada sebuah unit Xenia baru yang justru belum diketahui bentuk finalnya seperti apa selama jangka waktu 5 hari,” terang Azra.
Time Attack sebenarnya mengacu pada salah satu jenis balapan dengan aturan sederhana, pengendara biasanya cukup mengitari sirkuit sebanyak tiga kali. Bahkan kelas Free For All (FFA) juga masuk ke dalam kategori Time Attack, diperkuat dengan kutipan “Time attack is: good driver, no slicks, break record, car setup, and super lap battle.”

 

View this post on Instagram

 

A post shared by NMAA DIGIMODSTAR (@nmaadigimodstar)

Setelah tampilan mobil standar rampung, dilanjut proses pemasangan body kit oleh Hanif Autoworks meliputi add-on depan dan belakang. Kemudian keempat bagian roda dibuat widebodykit oleh Azra dilengkapi side skirt dan lips carbon. Dilanjut oleh pemilik akun Instagram @gehazrabbani @gzrdnt untuk melengkapi perintilan perintilan seperti spion, spoiler, headlamp, intercooler, dan lain sebagainya.

Pengerjaan karya digimod tersebut berlanjut ke sektor bodi oleh Dion (@freedions238). Uniknya, logo dari masing-masing akun Instagram mereka kini berjejer di sejumlah bagian bodi menggantikan stiker sponsor.
Menyasar ke sektor kaki-kaki, dipasangkan pelek celong mirip dengan model BBS LM berhias lips krom dan spoke warna gold oleh kreator Digimod @masdut2409. Menambahkan detail dan sentuhan akhir, ruang kabin dirombak ulang dari sentuhan visual Adrian (@adriaansr ) dan akun pemilik akun @ar.autowerke. Alhasil, tampilan ruang kabin dilengkapi rollcage, setengah bagian lingkar setir dan dua buah bucket seat.
Tidak jauh berbeda dengan proses detailing mobil pada umumnya. Modifikasi visual juga memerlukan detail penting dan dapat berkontribusi membuat keseluruhan tampilan terlihat menarik. Tahap pengerjaan terarkhir semisal finishing dan tampilan latar belakang digarap oleh pemilik akun Instagram @automodifika.

Pertama Dihadirkan

Project ‘keroyokan’ ini dimulai dari render visual prediksi tampilan Toyota Veloz dan Daihatsu Xenia garapan Bagas Satria Akbar dan Radya Triadhie. Kedua member NMAA Digimodstar tersebut sepakat menghadirkan prediksi tampilan kedua unit mobil tersebut jauh dari beredarnya sejumlah spy shot foto.
“Kebetulan saya mengerjakan pertama versi standarnya. Dimulai dari render Avanza awal Oktober lalu. Lalu, 2 minggu kemudian muncul foto Veloz baru. Dari sinilah, kami terpikir kalau saudara kembarnya (Xenia) juga dihadirkan. Alhasil, render Veloz garapan saya dibuat ulang dalam versi Xenia oleh Radya,” ungkap Bagas.
Mengandalkan terkaan dan kreasi visual, para digimodder ‘meramal’ tampilan Xenia mendatang dimungkinkan tidak jauh berbeda dengan All New Toyota Veloz. Sementara itu, bahasa desain Daihatsu dan Toyota saat ini berbeda.
Foto: Ist @nmaadigimodstar
“Dari hasil diskusi dengan Radya, jadilah render Xenia. Nah, soal inspirasi dari awal Veloz saya buat bagian samping berpatokan pada foto siluet bentuk Avanza-Xenia. Kemudian, disesuaikan dengan foto Veloz di diler. Khusus bagian depan, diadopsi dari tampilan beberapa produk kerjasama Toyota-Daihatsu, seperti Raize-Rocky, Rush-Terios atau mobil konsep DN Multisix,” urai Bagas.
Sebagai perancang dasar render digimod Xenia, Radya mengatakan hal senada. Setelah model digimod Xenia selesai, kemudian diberi gaya modifikasi dari sejumlah tampilan mobil balap di ajang motorsport semisal balap touring, rally dan Time Attack. Nuansa lokal dihadirkan dari pemasangan wide body kit dan airscoop besar seperti mobil balap reli AP4.
Foto: Ist @nmaadigimodstar
“Saat digimods Xenia ini sudah jadi, kami terpikir untuk menggabungkannya dengan digimods avanza disebelahnya, sehingga kami melakukan pengerjaan tambahan untuk menduplikasi modifikasi yang ada di bodi xenia tadi kedalam bodi avanza yang sudah dibuat sebelumnya,” papar Radya.
“Karena sampai digimods ini diterbitkan, Daihatsu Xenia belum ada sama sekali spyshot mengenai bentuk barunya. Inilah yang buat kami merasa tertantang untuk memvisualkan bentuk Xenia baru mengandalkan kreasi visual dan improvisasi,” tambahnya.

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles