Upgrade Piping dan Intercooler Toyota Raize, Sanggup Dongkrak Boost Turbo Hingga 1,2 Bar

- Advertisement -

NMAA News – Para pemilik Toyota Raize di Indonesia sudah mulai tergiur dengan sejumlah paket modifikasi dari para tuner aftermarket. Terutama jika tenaga dari mesin 1KR-VET 1.0 turbocharger dirasa kurang bertenaga bisa menempuh ubahan simpel pada peranti induksi mesin tersebut. Langkah ini cukup menghasilkan tenaga responsif melalui penggantian piping dan intercooler.

Hans Steven dari bengkel modifikasi performa, Speed Z mengatakan kalau piping atau pipa-pipa turbo bawaan bisa diganti dengan full alumunium.

Mesin bawaan Toyota Raize

Pipa tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu pipa inlet sebagai lubang masuknya udara setelah diisap oleh intercooler. Sedangkan pipa outlet bertugas mengalirkan udara dingin ke throttle body.

“Pipa intercooler berbahan full alumunium dapat melepas panas lebih cepat. Pastinya membuat aliran udara yang diisap lebih cepat juga. Karena ubahan pipa intercooler juga menentukan performa dari turbo itu sendiri,” buka Hans Steven kepada NMAA Media.

Kemudian, penggantian intercooler dari pabrikan ke versi custom berbahan alumunium. Supaya dapat mengisap udara lebih banyak.

“Intercooler fungsi utamanya menurunkan suhu udara yang akan masuk ke intake dan ruang bakar. Dalam hal ini, intercooler juga mesti disesuaikan karena volume intercooler besar belum tentu baik,” lanjut Hans yang bengkelnya berlokasi di bilangan Ruko CBD, Tangerang ini.

Kapasitas volume intercooler Raize ditingkatkan hingga 3 kali dari versi standar sudah dianggap cukup. Hal ini juga mempertimbangkan aspek keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Foto: Speed Z

Kemudian mengaplikasikan open filter sehingga mampu menyedot semua akses udara. Sebab, lebar pori-porinya mempermudah udara masuk ke dalam pembakaran lebih besar. Alhasil, tenaga yang disalurkan dari mesin ke dua roda depan kini mengalami peningkatan signifikan.

“Konfigurasi tersebut mampu mendongkrak tekanan boost turbo dari 0,8 bar hingga menembus 1.2 bar. Kenaikan tenaga juga mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan,” tuntas Hans.

Adapun, kemampuan mesin 3 silinder berkapasitas 1.000cc sebagai versi stock sanggup mendulang tenaga puncak 98 Hp pada 6.000 rpm dan torsi menembus 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Jadi melalui ubahan piping dan intercooler lebih besar sudah cukup membuat Toyota Raize semakin ngacir.

Soal harga, setelan piping alumunium, intercooler alumunium dan open filter mencapai anggaran di kisaran RP 10 jutaan. Sila berpesan melalui DM Instagram di @speedz77777

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles