NMAA News – Toyota sempat menunjukan gaya modifikasi dengan memadukan konsep generasi Supra MkIV atau A80 dan gaya modifikasi di film The Fast & The Furious. Tak heran, tampilan modifikasi GR Supra beratap Targa dinamai ‘Heritage Edition’.
Sebelum gelaran SEMA 2021 dimulai, Toyota juga sempat menghadirkan prosesi pemotongan atap hingga akhirnya mobil tersebut bisa dipersembahkan ke publik modifikasi se-antero Amerika Serikat (AS).
“Kami sangat senang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk memamerkan kedua GR Supra yang sangat keren ini di SEMA Show,” kata Toyota Division Marketing VP, Lisa Materazzo.

Tim modifikator berusaha menyuguhkan tampilan mobil modifikasi berbeda dibanding GR Supra Targa di Sema 360 tahun lalu.
“Tim melakukan pekerjaan kustomisasi dan fabrikasi yang spektakuler untuk memberi penghormatan kepada Supra sebelumnya, dan kami akhirnya akan tampil bersama sehingga penggemar SEMA dapat melihatnya dari dekat dan pribadi,” Ucap Lisa.
Atap targa tersebut mengekspos dua buah panel komposit 3D yang dicetak oleh fasilitas R&D Toyota di Michigan. Supaya dapat berdiri tegak, juga mendapat daya topang dari struktur bodi luarnya. Selain itu, dilengkapi juga penopang di bagian bawah ruang mesin hingga bagian kompartemen belakang.

“Bajanya sedikit lebih sulit untuk dipotong daripada yang kami harapkan,” jelas KC Mathieu, pemilik toko di Texas yang melakukan perombakan.
“Kami mulai dengan gergaji udara dan tidak sampai ke mana-mana dengan sangat cepat,” tambahnya.
Setelah atap dipotong, Toyota mencetak 3D sepasang panel komposit, berkontur ke garis Supra, sambil mempertahankan bentuk struktur bodi atap luar (ini pada gilirannya diperkuat). Khusus bagian diffuser belakang dibuat dengan cara handmade.
GR Supra Bertenaga 500 Bhp
Tidak hanya model beratap Targa, gelaran SEMA 2021 juga menghadirkan sebuah GR Supra dengan sentuhan ringan. Selain dihadirkan dalam tampilan warna eksterior merah, sejumlah peningkatan performa mesin turut melengkapi ubahannya.
GR Supra berkelir warna merah ini sempat muncul di 2019 lalu dengan tampilan sedikit berbeda. Kali ini, sentuhan modifikasinya sedikit meluas. Seperti pemasangan knalpot baru, dan wing belakang bernama ‘basket handle’ laiknya tampilan wing Supra MkIV.


Sebetulnya, Supra Atap Targa di atas juga mendapat racikan mesin yang tidak jauh berbeda dengan model kedua ini. Misalnya sentuhan modifikasi para peranti turbocharger untuk menghasilkan peningkatan udara sekitar 18 persen di mesin 6 silinder segaris. Ubahan tersebut juga dilengkapi pemasangan ECU baru, intake dan satu set knalpot racing.
Alhasil, tenaga mesin dari asalnya 340 bhp mengalami peningkatan hingga 500bhp. Usai meracik ulang setelan mesin, tentunya ditenagai oleh daya cengkram dari rotor rem lebih besar berkat pemasangan Big Brake Kit (BBK) baru dan pemasangan coilover di bagian kaki-kaki.