Evolusi Tiga Generasi Suzuki Karimun dari Masa ke Masa

- Advertisement -

NMAA News – Suzuki Karimun Wagon R resmi berhenti diproduksi di Indonesia. Kabar tersebut diumumkan oleh pihak Suzuki Indonesia ke sejumlah media nasional. Diketahui, model kendaraan andalan Suzuki ini sudah hadir sejak 22 tahun lalu, pada 1999. Sedangkan Wagon R sebagai generasi ketiga muncul setelahnya. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan ekspor, Wagon R masih diproduksi.

Ini Dia 3 generasi Suzuki Karimun di Pasar mobil Indonesia;

Foto: OLX Auto

Suzuki Karimun (1999)

Generasi pertama dikenal dengan sebutan “Karimun Kotak”. Model satu ini masih berstatus completely built up (CBU) Jepang melalui Indomobil Group pada 1998. Setahun kemudian, Suzuki Karimun hasil rakitan pabrik di Tambun, Bekasi, Jawa Barat meluncur di Indonesia.

Dibalik kap, menggendong mesin F10A berkapasitas 970 cc, 4-silinder 8 katup SOHC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 55 Hp dan hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Kemudian, pada 2003 Suzuki Karimun tersedia dalam dua tipe, Karimun DX dan GX. Dalam perjalanan sejarah Suzuki Karimun kotak ini sempat mengalami dua kali penyegaran yakni di tahun 2001 dan 2004. Dua tahun pasca facelift, generasi pertama Suzuki Karimun pun berakhir di tahun 2006.

Foto: Suzuki Id

Suzuki Karimun Estilo (2007)

Pasca Karimun generasi pertama berhenti produksi. City car ini digantikan oleh Karimun Estilo yang dirancang dari platform Wagon R versi Maruti Suzuki di India. Secara tampilan, Karimun Estilo mengalami perubahan masif. Kini mesinnya mengandalkan F10J, berkapasitas 1.100 cc 16 valve injection dan microprocessor 32 bit dengan tenaga sebesar 65 PS. Tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan.

Pada 2009, Karimun Estilo mengalami facelift. Tenaganya ditunjang mesin K10B dengan teknologi Double OverHead Camshaft (DOHC) injeksi. Mesin ini tenaga 68 PS dengan torsi 90 Nm.

Foto: Suzuki Id web

Suzuki Karimun Wagon R (2013)

Memenuhi pangsa pasar kendaraan murah dan ramah lingkungan, Suzuki mengganti segmen Karimun generasi ketiga menjadi LCGC. Mengusung nama Suzuki Karimun Wagon R, unit satu ini mendapat limpahan fitur hiburan dan utilitas baru.

Bahkan, Line up satu ini sempat hadir dalam edisi Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition, bertepatan dengan hari jadi Suzuki di Indonesia yang ke-50. Saat itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan sebanyak 50 unit di gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 dan langsung ludes terjual di pasaran.

Paling terlihat, tampilan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition menerima ubahan bergaya sporty. Dilengkapi mulai dari front, side, dan rear under spoiler, rear upper spoiler. Lalu ada juga front grille lower, bezel fog lamp, cover mirror with turn signal, door handle set, wheel set, side body decal dan sticker set.

Foto: PT SIS

Di atas kertas, Suzuki Karimun Wagon R memiliki ruang kabin yang lapang, dan juga ringkas. Mobil ini didukung dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.670 mm, dan tinggi 1.475 mm yang memberikan ruang kabin lebih leluasa untuk 5 orang penumpang.

Kemampuan mesinnya tidak jauh berbeda, lantaran masih menggunakan mesin K10B dengan DOHC berkapasitas 998 cc, tenaga 68 PS pada 6.200 rpm, torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Kemampuan mesin tersebut didukung oleh Multi Point Injection, Gear Shift Indicator (GSI), penggerak roda depan, metal timing chain, serta Intake Manifold plastik sehingga semakin membuat berkendara semakin efisien.

Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition diproduksi dengan 2 pilihan transmisi yang terdiri dari 30 unit transmisi manual dan 20 unit transmisi otomatis AGS. Selain itu, mobil ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna menarik, yaitu Pearl White Metalic.

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles