Honda Civic Nouva (EF) Bersolek Klimis, Andalkan Dua Produk Aftermarket Buatan Indonesia

- Advertisement -

NMAA News – Workshop modifikasi asal California, Amerika Serikat (AS) West Coast Customs tampilkan kolaborasi terbaru bersama merek apparel, Full Send. Kali ini  unit kendaraan Honda Civic EF atau akrab disapa Civic Nouva mendapat sentuhan modifikasi bergaya JDM.

Kreasi spesial jelang akhir tahun ini, diperkaya dengan produk aftermarket buatan asli Indonesia.

Tubuh hatchback berkelir putih lansiran 1988 tersebut dipadu satu set produk body kit Project J garapan Pengepul Mobil. Meliputi front lip, bumper, wide body fenders, side skirts, rear fenders, dan rear bumper.

Tak kalah menarik, fitment kaki-kaki propernya ditunjang oleh velg DNZ Wheels Type One berwarna merah. Velg aftermarket garapan Garasi Drift tersebut mengusung spesifikasi lingkar diameter 16×7 inci dengan PCD 4/100 dan ET 38.

Foto: West Coast Customs

“Jesse dari Full Send membawa mobil itu kepada kami (WCC). Seharusnya ini jadi mobil giveaway yang akan mereka undi. Tapi setelah proses modifikasi berjalan dan bagian eksterior mulai tampak, dia memutuskan untuk menyimpan mobil kepunyaannya itu,” ujar Musa Tjahjono, Head Designer West Coast Customs, kepada NMAA, Selasa, 23 November 2021.

YouTuber dan punggawa merek apparel Full Send tersebut justru menambah budget untuk modifikasi Honda Civic EF. “Full Send dikenal karena konten mereka di YouTube dan lini produk merchandise. Kali ini mereka memperluas portofolio karyanya dibarengi mobil modifikasi,” terang Musa.

Perpaduan produk aftermarket asli Indonesia di unit Civic EF sukses membuat tampilan khas JDM dibalut semangat ‘Indonesian Pride’. Tentu saja project modifikasi ini merupakan sebuah pencapaian bagi industri modifikasi dan aftermarket Indonesia yang merambah hingga ke publik Amerika Serikat (AS).

Apalagi, saat ini gaya modifikasi JDM (Japanese Domestic Market) menggunakan mobil lawas Honda juga sedang ramai kembali di AS.

Foto: Ist @westcoastcustoms

“Saya rasa EF mulai mendapatkan popularitas di kalangan komunitas mobil di AS. Mobil JDM pada umumnya memang sedang naik daun saat ini. Secara tampilan, Civic EF punya paras klasik dan timeless khas mobil lawas Honda,” ungkap Musa.

Dari profil teknis, Civic EF atau Nouva (hatchback) menggendong jenis mesin 4 silinder segaris berkode D15B2. Tenaga dari mesin dialirkan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan untuk menghasilkan 92 Hp pada 6.000 Rpm.

Musa menyebut jika Honda EF tersebut sudah mendapat sejumlah penyempurnaan di hampir seluruh bagian tanpa kendala. Dari mulai eksterior, interior, hingga mesin.

Foto: Ist @shopfullsend

Lebih jauh, desainer asal Surabaya, Indonesia ini berharap semakin banyak produk aftermarket asal Indonesia bisa masuk ke pasar AS. “Sangatlah mungkin kita bisa memasukkan lebih banyak produk otomotif buatan Indonesia ke pasar AS dan bersaing dengan pasar di sini,” harap Musa.

Harus diakui, para tuner Indonesia punya banyak potensi menjangkau pasar Internasional. Semisal, produk Karma Body Kit yang mencatat 80 persen penjualan di pasar AS dan menjadi trend setter modifikasi Toyota 86. Mungkin kesuksesan serupa bisa diikuti oleh Project J dan DNZ Wheels di kemudian hari.

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles