DFSK Berikan Tips Persiapan Kendaraan Sebelum Berlibur Nataru

0
- Advertisement -

NMAA News – Momen libur Natal dan Tahun Baru banyak dimanfaatkan masyarakat pergi berlibur ke berbagai tempat menyenangkan bersama keluarga. Sebelum melakukan perjalanan, konsumen sebaiknya melakukan sejumlah pengecekan agar kendaraan siap dibawa jalan.

Persiapan lain, pemahaman tentang safety driving saat perjalanan jauh yang harus diketahui dan bisa dipraktekkan. Hal ini dimaksudkan agar para penumpang merasakan perjalanan aman dan menyenangkan, serta meminimalisir resiko timbulnya kendala selama perjalanan.

Guna membantu masyarakat mempersiapkan kendaraannya, kali ini DFSK membagikan panduan untuk perawatan kendaraan yang bisa dilakukan pemilik kendaraan:

  1. Mengecek Kondisi Oli Mesin

Hal pertama yang bisa dilakukan pemilik kendaraan adalah melakukan pengecekan oli mesin. Pemilik kendaraan bisa mengecek melalui dipstick oli yang ada di blok mesin kendaraan. Cek apakah warna oli masih bening atau sudah gelap kecoklatan.

Apabila oli mesin tidak mencapai batas minimal di dipstick oli, pemilik kendaraan bisa menambahkan oli yang sama. Selain itu, bisa di cek juga di bagian kolong mesin, apakah ada kebocoran atau tidak.

  1. Memastikan Tekanan Angin Ban

Tekanan angin harus sesuai ketentuan yang digariskan pabrikan. Jangan sampai tekanan angin ban berkurang atau kelebihan. Pemilik mobil bisa mengecek tekanan angin yang ditetapkan pabrikan melalui stiker di pilar/tiang frame pintu mobil pengemudi. Beberapa kendaraan seperti Glory i-AUTO sudah terdapat TPM (tire pressure monitor) guna memonitor tekanan angin ban.

  1. Memeriksakan Cairan-Cairan di Kendaraan

Sebuah kendaraan bisa dikendarai secara maksimal dan optimal berkat sejumlah cairan di dalamnya. Jangan lupa periksa cairan radiator, minyak rem, dan air wiper. Apabila berkurang, pemilik kendaraan bisa menambahkan cairan yang sesuai spesifikasinya.

  1. Membersihkan Kabin Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa bersihkan kabin kendaraan agar nyaman ditumpangi. Kebersihan harus dijaga dan jangan sampai banyak sisa makanan yang berserakan karena bisa mengundang hewan untuk datang seperti semut, kecoa, atau bahkan tikus.

“Selain melakukan pemeriksaan sendiri di rumah, konsumen bisa datang ke bengkel resmi DFSK di hampir seluruh daerah di Indonesia. Mekanik kami yang terlatih dan tersertifikasi, akan memeriksa kondisi kendaraan dan menjamin siap digunakan bepergian akhir tahun ke berbagai lokasi menyenangkan,” kata PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

- Advertisement -