Eksperimen Baru Toyota Benamkan Mesin Hidrogen di Unit GR Yaris

- Advertisement -

NMAA News –  Pabrikan otomotif Toyota mengembangkan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif yang menghasilkan emisi rendah. Mengutip dari Paultan, Toyota menghadirkan mesin tiga silinder 1,6 liter turbocharged G16-E-GTS milik GR Yaris telah diadaptasi menggunakan hidrogen.

Yup, mesin pembakaran internal dari hot hatchback tiga pintu ini menggunakan racikan baru di bagian sistem suplai dan injeksi bahan bakar. Sedangkan untuk hidrogen, tangki, dan proses pengisian bahan bakarnya sama dengan Mirai, yang sudah tersedia di pasaran.
Foto: Toyota
“Kami telah mengambil langkah pertama untuk bersaing dan mengembangkan mesin bertenaga hidrogen kami dengan pola pikir menghadapi tantangan,” ujar President of Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda.
“Saya membayangkan hal-hal akan terlihat sedikit berbeda 10 tahun dari sekarang, dan saya berharap orang-orang akan melihat ke belakang dan melihat bagaimana kami menghadapi tantangan dengan positif dan menikmati setiap momennya,” sambungnya.
Konfigurasi mesin bertenaga hidrogen ini sebelumnya diterapkan di Corolla Sport yang sempat mengikuti seri balap Super Taikyu di Jepang, Mei lalu di bawah bendera Rookie Racing dari tim Toyota Gazoo Racing.
Mesin di Corolla Sport yang diadaptasi itu dimasukkan dalam kategori Super Taikyu ST-Q, dan dalam mode klasik Toyota.
Setelah tiba di GR Yaris sebagai model produksi, mesin turbocharged tiga silinder G16E-GTS kemudian diadaptasi dengan hidrogen untuk kembali ke hatchback kinerja segmen-B untuk kembali diuji di trek lintasan!
Sebagai informasi, mesin di GR Yaris standar jalan raya menghasilkan tenaga sebesar 261 HP pada 6.500 rpm dan torsi 360 Nm dari 3.000 rpm hingga 4.600 rpm. Apalagi, limpahan torsi menuju sistem penggerak 4WD membuatnya lihai menari di atas aspal.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansLike
0FollowersFollow
3,124FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles