Modifikasi Toyota Cressida, Kejar Obsesi jadi Mobil Drift Tanpa Lunturkan Gaya Klimis

0
Foto: Speed Hunters
- Advertisement -

NMAA News – Jajaran mobil Toyota dengan awalan huruf C, saat ini terbilang langka ditemukan. Terutama di pasar Eropa, sebagai gantinya Toyota Auris masih jauh dari bayang-bayang pendahulunya seperti Toyota Carina, Corolla, hingga Cressida.

Meski tidak diketahui kapan eksistensi jajaran model berawal huruf C akan kembali dalam waktu cepat, salah satu unit Toyota Cressida asal Amerika Serikat (AS) ini cukup menarik perhatian.

Pemiliknya bernama Billy Freed, berasal dari Maryland, AS menginginkan mobilnya terlihat berbeda dibanding versi standar. Unit Toyota Cressida serupa dengan kepunyaannya tidak sekedar menunjukan barang langka, tapi juga dimodifikasi lebih personal.

Foto: Speed Hunters

Modifikasi paling menonjol tentunya dilihat dari sekujur tubuh dibalut warna Snow White alias putih. Disematkan juga spoiler atap warna hitam dan spoiler belakang senada dengan warna bodi. Ubahan eksterior simpel ini cukup membuat wujudnya semakin menarik.

Kemudian, tubuhnya kian merunduk berkat kaki-kaki static dari penggunaan coilover merek BC Racing. Berbeda dengan gaya modifikasi elegan atau VIP, pilihan pelek Enkei RPF1 18 inci tampak duduk di keempat ruang fender. Velg berdesain 6 palang ganda tersebut dibalur warna Pearl effect white dari katalog warna Porsche.

Foto: Speed Hunters

Memasuki ruang mesin, masih bercokol bongkahan mesin berkode 2JZ 6 silinder segaris 3.0 liter. Guna mengoptimalkan kinerja mesin, Billy mengubah peranti turbocharger dengan produk BorgWarner S361SXE. Diikuti ubahan pada saluran bahan bakar merek Big Daddy dan injektor FIC 1350cc. Sistem gas buang diganti berbahan pipa knalpot titanium 4 inci dan peredam 4 inci, laiknya gaya modifikasi mobil JDM pada umumnya.

Kemampuan memeragakan aksi drift bermodal dari pemasangan limited slip differential (LSD) dua tahap tipe JZA80. Tenaga mesin dikawinkan dengan sistem transmisi 5 percepatan manual AR-5 termasuk mengganti Marlin Crawler Upgrade Kit dan kopling Southbend Stage 3, di roda belakang.

Foto: Speed Hunters

Rampung mengerjakan akselerasi, sektor deselerasi ditunjang oleh kaliper kaliper Z32 depan dan belakang dilengkapi kampas rem merek Hawk HPS.

Foto: Speed Hunters

Terakhir, melongok ke ruang kabin sejumlah ubahan rapi dihasilkan dari balutan kain jok warna Burgundy. Khusus di area kokpit kemudi terdapat setir bergaya racing dari Grip Royal, rem tangan elektronik, satu kursi bucket Sports dari Sparco tipe EVO II, dan seat belt. Selain itu, dibekali juga shift levers sorted untuk mengelola tenaga dari sistem transmisi 5 percepatan.

- Advertisement -