Subaru WRX STi Ubah Haluan jadi Mobil Stance, Kreasi Ibu Muda Asal Inggris

- Advertisement -

NMAA News – Sama seperti seni, modifikasi juga memadukan unsur estetika dan keindahan. Tapi dilengkapi dengan aerodinamika dan ergonomika di sebuah kanvas roda empat. Maka, tentu hasilnya juga tidak jauh berbeda seperti karya seni yang bisa memanjakan pemiliknya dan bisa menginspirasi.

Saban hari, semakin banyak karya modifikasi yang mengacu pada tampilan mobil proper. Tanpa melihat identitas maupun karakter, mobil proper bisa datang dari mana saja.

Tuner asal Inggris, Sammy Housden memiliki passion modifikasi di unit Subaru WRX STi keluaran 2007. Model sedan dengan keunggulan mesin boxer, DNA reli dan penggerak semua roda khas Subaru tampaknya tidak terlalu menonjol sekarang.

Ia justru lebih mengekspos gaya modifikasi khas JDM, sebagai identitas mobilnya. Dalam mobil eksklusif Jepang, mobil satu ini juga sudah mendapat opsi tuning dari spesialis Subaru Technica International (STi).

Foto: Fast Car

Mobil berbalut jubah hitam ini, punya tugas cukup banyak di tangan Sammy. Jika sehari-hari dipakai kegiatan antar-jemput anaknya sekolah. Akhir pekan, dirinya sibuk berkumpul dengan komunitas modifikasi otomotif. Seolah punya dua tugas berbeda tapi saling melengkapi. Antara passion dan peran seorang Ibu.

Postur rendah Subaru WRX STi milik Sammy begitu beda setelah mendapat daya topang dari suspensi udara Air Lift Performance 3P dilengkapi pengontrol yang dapat disesuaikan. Supaya mendapat ground clearance rendah, body kit juga dibuat sedikit merapat untuk menghadirkan stabilitas dan mampu menghantar angin ke kolong mobil.

Komponen body kit bertugas mewujudkanya semisal pemasangan splitter depan dan side skirt. Komposisi menarik terlihat di keempat sumbu roda menghadirkan velg 18×9,5 inci besutan Rota Grid.

Secara tampilan, velg palang 6 ini dibalut kelir gold dengan finishing ciamik. Kabarnya, velg berbalut ban Nankang dengan format 225/35 R18 ini punya sejarah tersendiri sebagai penghormatan kepada eks pembalap reli dunia (WRC).

Foto: Fast Car

Beralih ke bagian belakang, terdapat wing berukuran besar plus Wind deflektor di bagian sudut jendela samping.

Beranjak ke ruang interior, tampilan orisinal masih tetap dikenali. Tapi, posisi kokpit kemudi sudah menerima instrumen tambahan dari Pro Sport. Menampilkan indikator suhu dan tekanan. Kemudian, sistem audio besutan Pioneer makin melengkapi fitur hiburan di mobil ini.

Foto: Fast Car

Begitu pula oprekan jantung mekanis, bongkahan mesin boxer dilengkapi turbocharger bawaannya tetap dibuat standar. Sammy hanya melakukan remap ECU (Chip tuning) dan modifikasi exhaust system untuk meningkatkan kinerja mesin. Alhasil, kini tenaganya diklaim mencapai 331 Hp dan torsi puncak 477 Nm.

Terakhir, sektor pengereman Brembo sudah bercokol di balik keempat velg untuk memastikan cengkraman rem saat deselerasi lebih mantap sekaligus aman.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansLike
0FollowersFollow
3,124FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles