Test Drive All New Honda BR-V: Fitur Adaptive Cruise Control Bantu Adaptasi Kecepatan di Jalan Tol

0
- Advertisement -

NMAA News – Redaksi NMAA.co.id mendapat kesempatan mengikuti Media Test Drive All New Honda BR-V dengan rute Jakarta-Semarang-Solo pada 10-11 Januari 2022. PT Honda Prospect Motor (HPM) menyediakan sebanyak 24 unit mobil All New BR-V CVT Prestige atau varian tertinggi untuk media test drive ini.

Rombongan media test drive berangkat dari kawasan Senayan Park, Jakarta, pukul 08.00 WIB. Selanjutnya menuju tol dalam kota dan berlanjut Tol Cikampek dan Tol Trans Jawa. Kondisi lalu lintas perjalanan Jakarta menuju Semarang cukup lancar. Setelah beberapa kali rehat di Rest Area Tol Trans Jawa, rombongan tiba di The Wujil Resort & Conventions, Ungaran, Semarang tepat pukul 17.00 WIB.

All New BR-V dibekali mesin 1.500 cc 4-silinder i-VTEC DOHC. Mesin berkode L15ZF ini menghasilkan daya 121 PS pada 6.660 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin BR-V generasi kedua ini mengalami penyempurnaan untuk performanya. Tak hanya itu, performa mesin dipadu tepat dengan fitur safety tingkat tinggi, Honda Sensing.

Di sepanjang rute perjalanan, kami yang berada di All New Honda BR-V bernomor satu, langsung memanfaatkan fitur unggulan Honda Sensing yang dimiliki All New BR-V. Salah satu yang menjadi favorit kami yakni fitur Adaptive Cruise Control (AAC).

Selain AAC, All New BR-V CVT Prestige yang kami kendarai, fitur keselamatan canggih Honda Sensing berisi paket lengkap. Fitur Honda Sensing pada All New BR-V meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDMS), Lead Car Departure Notification System (LCDN), dan Auto-Hight Beam (AHB).

Pada penggunaan fitur Adaptive Cruise Control terlebih di jalan bebas hambatan, si pengendara tinggal mengontrol lingkar kemudi sambil tetap waspada memantau kondisi lalu-lintas di sekeliling kendaraan.

Bila fitur AAC diaktifkan, All New BR-V akan beradaptasi dengan kecepatan mobil di depannya sampai dengan kecepatan maksimum yang sudah diatur pada tombol Cruise Control. Jika tidak ada kendaraan lain di depan, fitur AAC akan melajukan kendaraan pada kecepatan yang sudah diatur pengemudi.

Fitur AAC berfungsi membantu pengendara menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak dengan kendaraan di depannya. Bagi kami, fitur ini jelas sangat membantu saat berkendara jarak jauh di tol seperti test drive kali ini.

Tombol pengaturan fitur Honda Sensing pada lingkar kemudi

Fitur AAC dapat bekerja di atas kecepatan 30 km per jam. Dengan memanfaatkan sensor, All New BR-V dapat mengikuti ritme kecepatan mobil di depannya. Fitur ini secara otomatis akan menjaga jarak dengan kendaraan di depan, baik saat berakselerasi maupun deselerasi saat pengereman.

Saat fitur ini aktif, Anda tidak perlu menginjak pedal gas maupun rem. Cukup kendalikan setir dan tetap waspada. Fitur AAC ini akan non-aktif pada kecepatan di bawah 25 km per jam. Jangan lupa, Anda diwajibkan tetap menggunakan selalu pedal rem saat dibutuhkan.

Fitur AAC ini tentunya terintegrasi dan bekerja sama dengan fitur keselamatan aktif lainnya yang masuk dalam skema Honda Sensing.

Cara Menggunakan Fitur ACC:

  1. Kecepatan kendaraan harus lebih dari 30 kpj
  2. Tekan tombol ‘standby’
  3. Tekan tombol ‘set’
  4. Tekan tombol ‘atur jarak’
  5. Atur kecepatan menggunakan tombol ‘+’ atau ‘-‘
- Advertisement -