NMAA News – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan bersamaan penampilan terbaru dari New Hiace dan New Dyna. Kehadiran keduanya juga menyambut era baru aplikasi standar emisi EURO 4 untuk mesin diesel yang berlaku April 2022, serta pelaksanaan aturan ODOL (Over Dimension & Over Loading) untuk kendaraan pengangkut barang.
Menurut President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, New Hiace diluncurkan memenuhi kebutuhan industri wisata, travel, kesehatan dan industri lainnya dengan meningkatkan kinerja engine yang lebih bertenaga dan efisien, serta improvement pada beberapa feature untuk memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik kepada pelanggan.
“Sementara New Dyna diluncurkan memenuhi kebutuhan kendaraan logistik dengan mesin performa tinggi dan desain lebih gagah. Baik New Hiace dan New Dyna kini telah lolos uji emisi EURO 4 sesuai regulasi pemerintah,” imbuh Susumu Matsuda.
New Hiace Hadir dengan Tampilan Lebih Segar dan Fitur Lebih Komplit
PT Toyota-Astra Motor (TAM) perkenalkan generasi terbaru Hiace yang terkenal dapat diandalkan. Keandalan Hiace untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis terlihat dari angka penjualannya yang terus meningkat di setiap tahun. Meski di tengah pandemi Covid-19, penjualan Hiace masih menguasai segmen Commercial Van.
Pada 2020, whole sales data Hiace tercatat 1.886 unit atau menguasai 92,86% pangsa pasar. Sementara 2021, sales Hiace sebesar 2.253 unit atau menguasai 97,87% pasar di kelasnya. Terjadinya pertumbuhan dalam kondisi sulit menunjukkan value Hiace dan loyalitas pelanggan yang kuat ke produk komersial Toyota ini.
Sebagai kendaraan komersial dengan ‘jam terbang tinggi’, Toyota meningkatkan kinerja mesin diesel pada Hiace Commuter dengan memasang mesin 1KD-FTV 2.982 cc bertenaga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 30,6 Kgm pada 1.200 – 2.400 rpm. Penyaluran tenaga melalui transmisi manual yang ekonomis dan berdaya tahan tinggi ke roda belakang.
Penambahan kapasitas mesin merupakan upaya memperkuat kemampuannya mengangkut penumpang di segala medan jalan, meningkatkan kualitas berkendara, serta membuat Hiace Commuter lebih efisien dalam mengolah bahan bakar. Ditambah, mesin diesel Hiace juga sudah memenuhi standar Euro4.
Adapun beberapa sentuhan penyegaran diberikan ke Hiace Commuter 16-seater. Pada tampilan eksterior, terdapat New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, serta pilihan warna Silver Metallic dan White. Untuk memudahkan parkir, didukung dengan New Parking Sensor.
Terdapat juga tambahan fitur USB Charging sebanyak 4 ports untuk memastikan seluruh penumpang memperoleh akses charging baterai smartphone. Hiace Commuter juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai safety features.
Model tertinggi Hiace Premio mengandalkan mesin 1GD-FTV 2.800 cc 4-silinder VNT Intercooler dipadu transmisi manual 6-speed yang terbukti tangguh sejak 2019. Unit mesin diesel ini memenuhi aturan emisi EURO 4. Dapur pacu ramah lingkungan ini menghasilkan daya 176,8 PS pada 3.400 rpm dan torsi 42,8 Kgm pada 1.400 – 2.600 rpm.
Desain luar Hiace Premio yang modern dan berkelas juga mendapat tambahan New Parking Sensor. Sementara fiturnya kini dilengkapi 4 ports USB Charging, New Parking Camera, dan Display Audio AVX 7 Inch guna memenuhi kebutuhan hiburan seluruh penumpang.
Sebagai model paling mewah dengan menawarkan kenyamanan kabin, Hiace Premio memiliki 10 Rear Seat Number and Arrangement untuk memastikan seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan dengan rileks dan tenang.
New Hiace dilengkapi layanan after sales manfaat program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis ke-6 (maksimal 4 tahun / 50.000 KM mana tercapai lebih dulu). Manfaat program ini dapat dinikmati di seluruh diler resmi Toyota di Indonesia.
New Dyna Hadir dengan Mesin Lebih Bertenaga dan Design Lebih Modern
New Dyna kini hadir dengan line-up baru melalui 3 tipe yaitu 115 ST 4×2 5 MT, 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT (PTO). Power Take Off (PTO) adalah fitur penyaluran tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat lain seperti alat untuk mengangkat bak pada dump truck.
Bersamaan pelaksanaan aturan standar emisi EURO 4 untuk diesel engine, Toyota memasang mesin baru N04C-W 4.000 cc. Tidak hanya ramah lingkungan, powertrain New Dyna memiliki tenaga dan torsi lebih besar, serta lebih efisien.
Tercatat, tenaga yang dihasilkan mencapai 115 PS pada 2.500 rpm dan torsi 36 Kgm pada 1.200 – 2.200 rpm untuk 115 Series. Sedangkan untuk 136 Series, tenaganya mencapai 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi 40 Kgm pada 1.400 – 2.500 rpm. New Dyna 115 Series masih memanfaatkan transmisi manual 5-speed, sedangkan 136 Series memanfaatkan transmisi manual 6-speed baru.
Penggunaan dapur pacu baru juga sebagai upaya untuk meningkatkan GVW (Gross Vehicle Weight) guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kemampuan New Dyna dalam membawa barang sesuai regulasi Zero ODOL (Over Dimension & Over Loading). Pada 115 Series, GVW meningkat dari 5,2 Ton menjadi 5,4 Ton, sementara pada 136 Series, GVW meningkat dari 8,25 Ton menjadi 8,6 Ton.
Tidak hanya pada mesin, improvement juga dilakukan pada beberapa detail eksterior dan interior truk sebaguna ini. Di antaranya ‘More Tough Look Design’ pada bumper dan grille depan, desain baru lampu utama dan panel bodi depan, logo Toyota lebih besar, New Design with White Color Lens Foglamp, dudukan spion samping sewarna bodi, grade sticker dan stiker EURO 4 sebagai penanda sesuai regulasi yang ditetapkan Pemerintah. New Dyna hadir dengan warna bodi ikonik yaitu Red.
Masuk ke bagian dalam, warna kabin diubah lebih gelap agar tampil lebih gagah. Termasuk beberapa sentuhan ringan desain terkini blower AC ditambah boost ventilator, desain baru center cluster dan mobile stand, laci penyimpanan baru di bawah dashboard, serta seat cover berwarna dark brown dengan pola desain anyar.
“Produk komersial kami memenuhi ekspektasi pelanggan dan masih menjadi salah satu pilihan utama para pelaku bisnis. Kami harap kehadiran New Hiace dan New Dyna dapat mendorong pertumbuhan berbagai sektor ekonomi dengan pesat, serta menjadi bagian upaya kami mendukung Pemerintah Indonesia menekan angka emisi CO2 ke depannya,“ pungkas Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.