Tribute untuk Balap Le Mans 1966 Ford Hadirkan GT Holman Moody Heritage Edition

0
Foto: caranddriver/Ford
- Advertisement -

NMAA News – Balap ketahanan Le Mans tahun 1966 menjadi sebuah memoar dalam dunia motorsport internasional. Dengan keterbatasan saat itu, balapan menjadi sebuah ajang prestisius bagi tiap tim. Terlebih jadi hiburan masyarakat urban.

Senjakala tersebut terus dibangkitkan oleh Ford sebagai penghormatan dari lini produk kendaraan bersejarah GT40. Terhitung pada 2005 lalu hingga sekarang, Ford rajin menghadirkan varian Ford GT Heritage Edition. Nuansa nostalgia ditunjukan dengan imbuhan livery balap Gulf Racing.

Kali ini, sebuah model baru mengisi jajaran ke-9 model bersejarah tersebut dengan nama, Ford GT Holman Moody Heritage Edition 2022. Sebagai penerus silsilah model penghormatan Le Mans, sekujur tubuhnya dibalut warna emas dengan aksen merah di bagian depan serta roundel nomor 5 di kedua pintu.

Foto: caranddriver/Ford

Edisi spesial ini menyuguhkan tampilan menawan yang terinspirasi dari Ford GT40. Sebagai wujud penghormatan terhadap kiprah gemilang tim balap Holman Moody.

Semisal komponen berbahan serat karbon di bagian splitter depan, air scoop,diffuser belakang, pilar pintu, dan spion. Suguhan menarik juga hadir dari opsi velg 20 inci berpenampilan 10 twin-spoke.

Khusus sektor performa, di balik kap kabarnya mengusung mesin V6 Twin Turbo berkapasitas 3.500 cc yang dikawinkan dengan transmisi otomatis kopling ganda 7 percepatan. Racikan jantung mekanis ini, diprediksi menghasilkan tenaga 647 HP dan torsi 746 Nm.

Foto: caranddriver/Ford

Nuansa balap plus eksklusifitas edisi spesial ini terasa hingga ke ruang kabin. Menghadirkan sejumlah bagian berbahan serat karbon semisal pilar bagian dalam, konsol tengah dan panel interior lain. Diikuti paduan material kulit dan Alcantara yang mendominasi.

Menurut keterangan pihak Ford seperti dikutip car and driver, edisi spesial ini akan memulai debutnya di New York Auto Show 2022, bersanding dengan sang legenda, Ford GT40 Mk II 1966.

Belum banyak diketahui mengenai jumlah produksi Ford Hadirkan GT Holman Moody Heritage Edition. Biasanya, edisi spesial GT Heritage dirilis terbatas sebanyak 50 unit saja.

- Advertisement -