Ini Alasan Mengapa Honda Mobilio Kini Fokus pada Penjualan Satu Tipe Saja

- Advertisement -

NMAA News – Saat bertemu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, 31 Maret-10 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu,  Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menyampaikan kalau Honda Mobilio kini hanya dipasarkan dalam 1 tipe saja, yakni tipe S MT.

Padahal sebelumnya, Honda Mobilio memiliki hingga tujuh line up tipe yang dijual. Mulai S MT, E MT, E CVT, RS MT, RS MT Two Tone, RS CVT, hingga RS CVT Two Tone. Saat ini Honda Mobilio S MT dipasarkan Rp229,9 juta on the road (OTR) Jakarta per Mei 2022. Bahkan, pada awal 2022, Honda Mobilio juga sempat berhenti produksi sementara.

Kondisi tersebut lantas menjadi bahan pertanyaan publik yang menjadi konsumen setia Mobilio. Menurut Billy, ada beberapa faktor yang menyebabkan Mobilio saat ini hanya diproduksi satu tipe saja. Ia mengakui kalau saat ini, pihaknya lebih mengutamakan produksi Brio yang indennya cukup panjang.

“Faktor penyebab pertama masih karena efek krisis chip semikonduktor yang membuat lajur produksi Mobilio di pabrik Honda, Karawang, Jawa Barat harus banyak mengalah pada produksi Brio yang permintaannya cukup tinggi hingga menyebabkan inden lama,” jelas Billy. Kondisi ini membuat pihaknya harus fokus ke Brio yang permintaannya masih tinggi. Kemarin indennya bisa 4 bulanan, sekarang berangsur pulih turun ke 3 bulanan.

Selanjutnya saat kembali bertemu di peluncuran Brio RS Urbanite facelift plus City Hatchback RS – Honda Sensing, Rabu (20/4/2022) beberapa waktu lalu di Jakarta, Billy kembali menegaskan hal sama soal produksi Mobilio dan Brio.

Menurutnya, beberapa model Honda di Tanah Air masih terganggu dengan suplai chip semikonduktor. Sehingga membuat pihaknya harus memilih dan menimbang model mana yang harus diprioritaskan agar tak mengecewakan konsumennya.

“Akibat pasokan chip semikonduktor, kami harus berpikir keras untuk memutuskan mana produksi yang harus didahulukan supaya konsumen tidak menunggu terlalu lama. Karena pasokan komponen bermasalah pada Brio dan Mobilio itu sama, jadi kami harus fokus ke Brio dulu yang indennya terlalu banyak,” ucap Billy.

Karena itu, ditambahkan Billy, HPM kini fokus menjual Honda Mobilio untuk pasar fleet saja, dengan tipe S MT. Terlebih dari hasil monitor pasar, permintaan konsumen terbesar sekarang memang datang dari segmen tersebut.

“Saat ini pembeli Mobilio yang sekitar 80 persen, konsumennya berasal dari fleet atau korporasi. Mereka masih mencari mobil cukup nyaman dan performa mumpuni namun harganya masih terjangkau untuk operasional mereka. Semua syarat itu ada di Mobilio S MT,” beber Billy.

Sebelumnya, untuk tipe S MT ini, permintaan yang datang dari sektor fleet atau korporasi itu hanya berkisar di 60-an persen. Karena itu pula, HPM menurut Billy belum berencana menyetop produksi Mobilio. “Kalau pasokan chip sudah lancar, kami akan genjot produksi Mobilio tipe lainnya. Kami akan pelajari lagi kebutuhan pasar untuk Mobilio.”

“Jadi Mobilio itu akan kami sesuaikan lagi produksinya. Belum ada rencana untuk dinolkan produksinya. Jangan disuntik mati dululah. Kami lihat dulu respon dan perkembangan pasarnya bagaimana. Seperti apa nih pasar LMPV ke depannya,” tambah Billy.

Saat ini, untuk di segmen mobil tujuh penumpang, Honda kini mengandalkan penjualan All New BR-V di segmen LSUV yang perdana hadir di semester dua 2021 namun baru diterima konsumennya di Januari 2022. Pangsa pasar LMPV masih di posisi pertama dengan 17-an persen, sedangkan LSUV terus merangkak naik hingga 15 persen di posisi saat ini.

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,311PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles