Kiat Mengontrol Bukaan Gas saat Berkendara Sepeda Motor

- Advertisement -

NMAA News – Salah satu teknik berkendara sepeda motor yang penting dikuasai pengendara adalah berakselerasi dengan halus dengan dibantu teknik bukaan gas atau throttle yang tepat.

Terutama bagi Anda berjiwa muda dan penyuka kecepatan dengan mengandalkan akselerasi cepat, bukaan gas tepat saat berkendara dapat memberi performa lebih baik bagi pengendaranya.

Berkendara sepeda motor butuh teknik bukaan gas tepat, karena apabila ada kesalahan pengoperasian gas motor, pengendara beresiko kehilangan kendali motor, karena ban motor bisa slip dan terjadi kecelakaan.

Ditambah kondisi jalan terkadang licin karena genangan air, jalan tidak rata, maupun jalan berpasir, membuat resiko ban selip saat akselerasi lebih tinggi.

Danang Hermanto, instruktur safety riding dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, memberikan beberapa tips kontrol bukaan gas dalam berkendara sepeda motor :

  1. Posisikan tubuh dalam keadaan nyaman di motor, posisi duduk tidak terlalu maju ke depan ataupun terlalu mundur di jok motor, agar posisi tangan tidak terlalu menekuk maupun menjulur ke depan.
  2. Bahu, siku dan pergelangan tangan dalam posisi rileks, kondisi rileks memudahkan dalam mengoperasikan gas motor, karena akan lebih halus saat akselerasi.
  3. Saat memutar gas menggunakan telapak tangan, gunakan gerakan memutar dengan memanfaatkan pergelangan tangan, agar tetap bisa bermanuver saat melakukan akselerasi.
  4. Buka gas secara halus, selalu cek keadaan jalan di depan, apabila terdapat halangan seperti genangan air, pasir ataupun kerikil, perlu lebih hati-hati menarik gas motor.
  5. Gunakan fitur Traction Control System (TCS), fitur ini bisa kamu temukan pada matik Yamaha All New Nmax 155 Connected/ABS dan Yamaha Xmax 250. Fitur TCS membantu pengendara berakselerasi, di mana fitur TCS berfungsi mencegah selip ban belakang, karena tenaga mesin yang tersalur ke ban dikontrol sistem TCS.

Dengan menerapkan sejumlah poin tips tersebut, diharapkan kontrol bukaan gas saat berkendara bisa lebih aman, karena dengan bukaan gas yang tepat, akselerasi motor juga bisa lebih halus dan cepat dalam berkendara.

 

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,432PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles